Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaLifestyleHealthTiga Bahaya Besar Bagi Wanita Perokok

Tiga Bahaya Besar Bagi Wanita Perokok

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Ini peringatan keras bagi para wanita perokok. Karena sejumlah penyakit akan mengintai. Dilansir dari klikdokter.com ada banyak penyakit yang siap menghinggapi wanita perokok.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kanker serviks

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah keganasan yang terjadi pada sel di leher rahim. Kanker ini merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pada wanita dan disebabkan oleh infeksi virus HPV, terutama tipe 16 dan 18.

Bahayanya, bagi wanita, merokok dapat meningkatkan risiko kanker serviks karena produk tembakau tersebut dapat mempercepat terjadinya proses keganasan. Risiko kanker payudara pada wanita usia muda bisa meningkat akibat merokok.

Lebih lanjut, bahaya rokok ini tidak hanya berlaku untuk wanita yang merokok secara aktif. Tapi juga untuk wanita yang menjadi perokok pasif.

Gangguan menstruasi

Bahaya rokok bagi wanita yang berikutnya berkaitan dengan menstruasi. Wanita yang merokok akan mengalami gejala premenstrual syndrome (PMS) yang lebih berat.

Selain itu, kram perut (dismenore) yang dirasakan saat menstruasi pun akan lebih parah. Durasinya akan lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Gangguan Kesuburan (Infertilitas)


Bagi Anda yang sedang berencana memiliki keturunan tetapi masih merokok, segera hentikan kebiasaan tersebut.

Pasalnya, gangguan kesuburan bisa meningkat sebagai efek dari kebiasaan merokok. Ini terjadi karena zat dalam rokok dapat menyebabkan gangguan pada sel telur. Wanita perokok dan sedang hamil rentan mengalami berbagai masalah atau komplikasi selama kehamilan.

Komplikasi tersebut, misalnya pecah ketuban dini, plasenta terlepas dari rahim sebelum waktunya, kelahiran prematur, cacat janin, hingga kematian janin. (*)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed