Jumat, Mei 27, 2022
BerandaLifestyleHealthNonton Drama Seharian Bisa Tingkatkan Risiko Pembekuan Darah

Nonton Drama Seharian Bisa Tingkatkan Risiko Pembekuan Darah

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Menonton drama seharian ternyata dapat membawa buruk terhadap sistem peredaran darah.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa terlalu sering nonton seharian dapat meningkatkan risiko pembekuan darah di kaki atau paru-paru sebesar 35 persen. Kondisi yang dikenal dengan istilah tromboemboli vena ini dapat mengancam jiwa jika terus dibiarkan.

BACA JUGA: Begini Kata Pakar soal Pembekuan Darah Karena Vaksin AstraZeneca

“Menonton dalam waktu lama, yang tidak banyak bergerak, dapat meningkatkan risiko tromboemboli vena,” kata peneliti Setor Kunutsor, dikutip dari US News.

BACA JUGA: Khawatir Pembekuan Darah, Belanda Tangguhkan Vaksinasi AstraZeneca

Hasil ini didapat setelah peneliti menganalisis data yang melibatkan lebih dari 130 ribu orang. Peneliti mencari hubungan antara menonton TV dengan tromboemboli vena yang meliputi bekuan darah di paru dan bekuan darah di vena dalam, biasanya di kaki.

BACA JUGA: Kanada Laporkan Lagi Kasus Pembekuan Darah Terkait Vaksin AstraZeneca

Dalam tindak lanjut yang dilakukan antara 5-20 tahun, lebih dari 900 orang mengalami tromboemboli vena. Peneliti menemukan bahwa orang yang menonton paling lama yakni empat jam atau lebih per hari lebih mungkin mengalami pembekuan darah daripada yang menonton paling sedikit. Hubungan ini tidak tergantung pada usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, dan aktivitas fisik.

BACA JUGA: Italia Laporkan Empat Kematian Pembekuan Darah Vaksin AstraZeneca

Hasil studi ini dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardiology.

“Kita harus membatasi waktu yang kita habiskan di depan televisi. Jika Anda ingin menonton TV, Anda harus menyelinginya dengan gerakan teratur agar sirkulasi tetap berjalan,” kata Kunutsor dikutip dari detikcom.

BACA JUGA: Rhoma Irama Klarifikasi Kabar Sempat Pacaran dengan Yati Octavia

Peneliti menjelaskan bahwa menonton dalam waktu yang lama membuat orang duduk dan tidak bergerak. Kondisi ini mengurangi aliran darah ke vena dari kaki. Alhasil, darah mengalir lambat dan menggumpal dengan tidak normal.

Untuk mencegah kondisi ini, peneliti menyarankan agar setiap orang melakukan aktivitas fisik yang cukup. Olahraga membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah pembekuan darah.(mic)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily