Rabu, Januari 26, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaLifestyleHealthMitos Sit-up yang "Efektif" Bakar Lemak di Perut

Mitos Sit-up yang “Efektif” Bakar Lemak di Perut

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Sebagian orang berpendapat sit-up bisa membantu membakar lemak lokal di perut secara efektif. Namun hal ini ternyata mitos menurut health and Nutrition Science Nutrifood, Rendy Dijaya Muliadi.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Menurut dia, sejauh ini belum ada penelitian yang menyatakan olahraga dengan menargetkan bagian tubuh tertentu bisa membakar lemak pada bagian tersebut secara khusus.

BACA JUGA: Orang Obesitas Tidak Pasti Kena Diabetes, Mengapa Demikian? – Nusadaily.com

“Lemak yang terbakar secara keseluruhan. Latihan yang terfokus pada bagian tertentu bermanfaat untuk perkembangan otot bagian tersebut,” kata Rendy dalam sesi Nutriclass via daring, dikutip dari antara.

Laman Healthline mencatat, latihan secara teratur akan mempercepat metabolisme Anda serta membakar kalori dan lemak. Latihan aerobik (kardio) mungkin juga efektif untuk menargetkan lemak perut visceral (yang terletak di rongga perut di sekitar organ dalam Anda).

BACA JUGA: Waspada Mitos Diet Tentang Snacking dan Makan Malam – Imperiumdaily.com

Intensitas juga berperan. Latihan intensitas sedang atau tinggi dapat mengurangi massa lemak perut, dibandingkan dengan latihan aerobik intensitas rendah atau latihan kekuatan.

Anda bisa melakukan lakukan kardio intensitas sedang selama 30 menit, lima hari seminggu, atau kardio intensitas tinggi selama 20 menit, tiga hari seminggu.

BACA JUGA: Kenali Tujuh Jenis Rasa Lapar yang Harus Diketahui, Lapar Pikiran hingga Lapar Hidung – Noktahmerah.com

Anda yang ingin perut six pack tetap bisa melakukan sit-up karena gerakan ini membuat otot tetap kencang dan padat. Sebaiknya tingkatkan durasi dan intensitas latihan secara bertahap ditambah asupan nutrisi bergizi seimbang dan istirahat cukup serta jangan lupa kombinasikan latihan kardio dan resisten.

Terkait pembentukan otot, antara wanita dan pria punya perbedaan dari sisi kecepatan. Para pria mempunyai hormon testosteron yang lebih banyak sehingga lebih mudah cepat membentuk otot dibandingkan wanita.

Rendy mengatakan, untuk membentuk otot wanita membutuhkan usaha ekstra termasuk dalam hal nutrisi, olahraga dan suplemen.(mic)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed