Sabtu, November 27, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaLifestyleFashionJelang Hari Batik Nasional, Dekranas Gelar Pameran Online

Jelang Hari Batik Nasional, Dekranas Gelar Pameran Online

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) akan menggelar pameran online Rumah Kriya Asri (RKA) pada platform lokapasar Tokopedia menjelang Hari Batik Nasional yang menghadirkan puluhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kerajinan nusantara.

“Mengusung tema lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas, toko daring Dekranas di Tokopedia menghadirkan puluhan UMKM dengan ribuan produk kerajinan nusantara, termasuk batik. Harapannya lewat pemanfaatan teknologi, UMKM bisa terus menjadi tonggak pemulihan ekonomi nasional,” kata Ketua Umum Dekranas Hj. Wury Ma’ruf Amin dalam siaran pers dikutip Selasa.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: Turki Perkenalkan Tas Tepeler, Buka Wawasan Tentang Peradaban Manusia

Pameran online RKA Dekranas dianggap sangat membantu para pelaku UMKM fesyen termasuk pemilik Batik Marunda Irmanita H. Sinurat.

“Setelah bergabung di Tokopedia lewat program Dekranas, banyak sekali manfaat yang dirasakan, mulai dari pelatihan terkait pemasaran produk secara online, kemudahan dalam bertransaksi hingga promosi ke masyarakat lebih luas,” kata Irma.

BACA JUGA : Tragis! Pakar Seks Tewas Dilempar dari Gedung Cuma Karena Cemburu

Sejak 2015, Irma telah memberdayakan puluhan ibu dan perempuan muda putus sekolah di wilayah Rumah Susun Marunda, Jakarta Utara lewat bisnis batiknya.

Irma mengatakan, kini omzet Batik Marunda perlahan meningkat kembali setelah sebelumnya sempat turun hingga 80 persen akibat pandemi COVID-19. Hal ini menjadi motivasi bagi Irma bersama perajin lainnya untuk menghasilkan produk batik dengan harga lebih terjangkau agar dapat menggaet pasar milenial.

BACA JUGA : Mengenal Gejala Stres pada Anak

“Namun kami tetap berinovasi dengan membuat masker kain batik yang lebih relevan dengan keadaan saat ini.”

Jumlah perajin yang bergabung di Batik Marunda kini telah meningkat 5 kali lipat dibandingkan awal. Selain ibu-ibu penghuni rusun, Irma juga membantu pegiat usaha lokal kain dan alat batik asal Pekalongan sebagai penyedia material pembuatan Batik Marunda.

BACA JUGA : Jalan Berliku Tuntaskan “Jeglongan Sewu” di Jember

“Pelatihan membatik terus kami berikan bagi ibu-ibu rusun agar mereka bisa mandiri secara ekonomi, bahkan bisa melatih UMKM lainnya. Kami pun menggandeng sejumlah seniman dan desainer ternama yang menyumbangkan ide-idenya untuk dijadikan motif batik kami,” ujar Irma.

Menjelang Hari Batik Nasional yang diperingati Setiap tanggal 2 Oktober, Tokopedia mencatat penjualan produk batik meningkat hampir dua kali lipat selama kuartal II jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Peningkatan tersebut mendorong Tokopedia terus berkolaborasi dengan para mitra strategis seperti Dekranas untuk menggelar pameran online Rumah Kriya Asri (RKA) hingga Desember 2021.

Kemeja batik, kain jarik serta masker kain batik menjadi beberapa produk batik yang banyak diburu masyarakat saat ini.(mic)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR