Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaLifestyleEntertainmentVirgil Abloh, Pendiri Off-White Tutup Usia

Virgil Abloh, Pendiri Off-White Tutup Usia

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Virgil Abloh, pendiri perusahaan fesyen Off-White dan direktur artistik pakaian pria di Louis Vuitton, meninggal pada hari Minggu (28/11) dalam usia 41 tahun, setelah dua tahun berjuang melawan angiosarcoma jantung atau kanker agresif yang langka.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Kami semua terkejut mendengar berita ini. Virgil bukan hanya seorang desainer jenius, seorang visioner, dia juga seorang pria dengan jiwa yang indah dan kebijaksanaan yang luar biasa,” ujar Bernard Arnault, CEO LVMH dalam keterangan resminya dikutip Variety, Senin.

BACA JUGA: Respirator Bisa Bantu Kurangi Risiko Terkena Pajanan Polusi Udara

“Saya bersama keluarga LVMH bersama-sama melewati kesedihan yang luar biasa ini. Kami semua memikirkan orang-orang yang dicintainya setelah suami, ayah, saudara laki-laki atau teman mereka meninggal,” lanjutnya.

Arnault mengatakan sangat sedih harus mengumumkan meninggalnya Virgil Abloh.

BACA JUGA: Ealah…Ternyata Camelia Malik Sempat Tergila-gila ke Rhoma Irama

Dalam pernyataan tersebut, Abloh memilih untuk merahasiakan kankernya setelah didiagnosis pada 2019. Ia menjalani perawatan sambil terus bekerja sebagai salah satu desainer terkemuka di industri mode.

“Virgil didorong oleh dedikasinya pada keahliannya dan misinya untuk membuka pintu bagi orang lain dan menciptakan jalur untuk kesetaraan yang lebih besar dalam seni dan desain,” kata Arnault.

BACA JUGA: “Bus Om Bebek”, Film Drama Musikal Karya Terbaru Aditya Gumay

“Dia sering berkata, ‘Semua yang saya lakukan adalah untuk versi diri saya yang berusia 17 tahun,’ sangat percaya pada kekuatan seni untuk menginspirasi generasi yang mendatang,” lanjutnya.

Lahir dari orangtua imigran Ghana pada 30 September 1980, di Rockford, Illinois, Abloh belajar teknik sipil di University of Wisconsin-Madison, menerima gelar sarjana pada tahun 2002. Dia melanjutkan untuk mendapatkan gelar master dalam arsitektur dari Institut Teknologi Illinois pada tahun 2006.

BACA JUGA: Resmi Cerai dengan Reza Zakarya, Valda Alviana Bilang Gini

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Abloh bertemu Kanye West, yang akan menjadi salah satu kolaborator utama pertamanya. Pada tahun 2011, West menunjuk Abloh sebagai direktur kreatif perusahaannya Donda.

Selama masa jabatannya, Abloh bekerja sebagai direktur artistik di beberapa sampul album paling populer abad ke-21, termasuk “My Beautiful Dark Twisted Fantasy” karya West, “Yeezus” dan “Watch the Throne”.

Abloh juga membuat sampul untuk lagu “LONG. LIVE. A$AP” milik A$AP Rocky, “Luv Is Rage 2” dari Lil Uzi Vert, “Wzrd” dari Kid Cudi, “Based on a T.R.U. Story” 2 Chainz dan lainnya.

Abloh mendirikan rumah mode Off-White pada 2012 dan menjabat sebagai CEO hingga kematiannya. Pendekatan radikalnya terhadap pakaian sangat bertanggung jawab atas jembatan antara dunia pakaian jalanan dan mode mewah yang telah muncul selama dekade terakhir.

Off-White membawa Abloh ke posisi yang lebih menonjol di panggung global hingga menarik perhatian Louis Vuitton.

Rumah mode itu menjadikan Abloh sebagai direktur artistik pakaian pria pada tahun 2018, yang digelutinya hingga akhir hayat. Abloh adalah orang Afrika-Amerika pertama yang memimpin lini pakaian pria.

“Hal pertama yang akan saya lakukan adalah menentukan kode baru,” kata Abloh kepada The New York Times setelah pengangkatannya pada tahun 2018.

“Muse saya selalu menjadi apa yang sebenarnya dipakai orang, dan saya sangat bersemangat untuk membuat versi mewah dari itu,” lanjutnya.

Moët Hennessy Louis Vuitton membeli saham mayoritas di Off-White tahun lalu. Pada bulan Juli, Abloh mengambil posisi di LVMH yang memungkinkannya untuk bekerja di 75 merek grup, menjadi eksekutif kulit hitam paling kuat dalam sejarah grup mewah tersebut

Selain fesyen, Abloh juga terkenal dengan karyanya sebagai DJ dan desainer furnitur. Dia meninggalkan istrinya Shannon Abloh, anak-anaknya Lowe dan Grey, saudara perempuannya Edwina Abloh, orangtuanya Nee dan Eunice Abloh.(mic)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed