Kamis, Juni 30, 2022
BerandaLifestyleEntertainmentSutradara "Avatar" James Cameron Beberkan Inspirasinya dalam Buku Seni

Sutradara “Avatar” James Cameron Beberkan Inspirasinya dalam Buku Seni

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Sutradara James Cameron telah menciptakan sejumlah visual menawan di layar lebar, mulai dari tenggelamnya kapal “Titanic” hingga pertarungan makhluk luar angkasa di “Aliens”.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Konsep dan karakter yang lahir dari kepalanya sebetulnya sudah muncul sejak dia masih menjadi seniman muda di Kanada, seperti diungkapkan dalam buku Tech Noir: The Art of James Cameron” yang menunjukkan bagaimana evolusi ide-idenya sejak dulu hingga menjadi tontonan layar lebar.

BACA JUGA: Denis Villeneuve akan Garap Film “Rendezvous with Rama”

Dikutip dari Reuters, para peneliti mengoleksi sketsa dan gambar Cameron saat muda dan menggabungkannya menjadi bab tematik. Ketika Cameron pertama kali membaca buku ini, dia terkesima.

“Menurut saya utas tematik yang kuat ini sebuah kejutan bagi saya. Saya pikir ini semua hanyalah karya yang acak,” katanya.

BACA JUGA: Nia Ramadhani Akan Jalani Sidang Lanjutan di PN Jakpus

Cameron mulai menggambar saat masih anak-anak, dan ketika tumbuh dewasa dia fokus membuat gambar yang diangkat dari kisah atau komik fiksi ilmiah favoritnya.

Dia dulu pernah menciptakan dunia fantasi “Xenogenesis”, film yang tak pernah dimunculkan ke hadapan publik. Tapi awalannya bisa dilihat di YouTube.

BACA JUGA: Luna Maya Bakal Dinobatkan Sebagai Deretan Artis Tajir Tanah Air

Buku ini menunjukkan halaman-halaman gambar konsep dari film yang tak diproduksi itu dengan banyak adegan-adegan cikal bakal dari “Terminator”, “Aliens” dan “Avatar”.

“Setiap ide yang saya punya tentang tanaman atau binatang atau planet atau teknologi atau robot atau apa pun. Saya akan fokus untuk menggambarnya selama 1,5 tahun.”

BACA JUGA: JO1 Resmi Rilis Single “WANDERING”

“The Terminator” diangkat dari mimpinya melihat pria robot keluar dari bara api, adegan dalam “Aliens” diangkat dari mimpi buruknya, dan humanoid Na’vi biru dari “Avatar” diangkat dari mimpi yang diceritakan ibunya.

Desain fantasi Cameron diangkat dari hal nyata. Dia menciptakan alien dengan anatomi yang benar, pesawat ruang angkasa yang aerodinamis dan mesin yang betul-betul beroperasi.

“Ada perasaan bahwa apa yang terjadi memang nyata. Kau bisa memproyeksikan pikiran ke dalam layar dan cerita karena… apa yang terjadi terlihat memang seperti kenyataan,” katanya.(mic)

BERITA KHUSUS

Kabar Gembira! Internet Gratis Masuk RW, Wali Kota Pasuruan: Ada 68 Titik

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – Warga Kota Pasuruan kini semakin dimanjakan dengan layanan internet gratis. Tidak hanya sebatas pada ruang publik, seperti taman-taman kota,...

BERITA TERBARU

Terkait Nasib Pekerja-Pensiunan  PT Mara Jaya Perkebunan Batu Rata, Ini Penjelasan Kabag Humas DPRD

NUSADAILY.COM-DELI SERDANG-Terkait dengan  aksi rasa  ratusan pekerja  aktif dan para pensiunan  PT  Mara Jaya Perkebunan Batu Rata direncanakan pada bulan Juli 2022 akan dilaksanakan...