Senin, Agustus 8, 2022
BerandaLifestyle3 Tips Bersihkan Bodi Kendaraan dari Abu Vulkanik

3 Tips Bersihkan Bodi Kendaraan dari Abu Vulkanik

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur kembali terjadi pada Senin (6/12) pukul 07.53 WIB.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

PVMBG mengatakan erupsi itu tercatat di seismogram amplitudo maksimum maksimum 24 mm durasi 240 detik. Jarak luncur awan panas guguran 2,5 kilometer dari pusat guguran mengarah ke Besuk Kobokan.

BACA JUGA: Erupsi Lagi, PVMBG: Semeru Level II

Abu vulkanik bisa merusak cat bodi kendaraan bila salah membersihkannya. Sebab, material abu vulkanik macam erupsi Gunung Semeru berupa potongan kecil batuan tajam, mineral, dan kaca. Ukurannya sekitar 2 mm atau 0,8 inci, bahkan bisa lebih kecil dari itu.

Bagi pemilik mobil jangan sepelekan abu vulkanik yang menempel pada bodi kendaraan. Ada cara membersihkan bodi mobil atau motor dari abu vulkanik.

BACA JUGA: KAI Salurkan Bantuan Untuk Korban Letusan Gunung Semeru

Abu vulkanik bila diraba akan terasa pasir. Material ini sangat jahat ketika menempel pada bodi kendaraan, apalagi pemiliknya tidak paham cara membersihkannya.

Cara membersihkan abu vulkanik ada ritual khusus yang harus dijalani. Berikut ini caranya, dilansir dari CNNIndonesia:

Siram dengan Air

Pertama, siram bodi kendaraan dengan air bersih secara menyeluruh. Upayakan menyiram bodi dengan air mengalir. Saat proses tersebut mobil jangan diusap dengan kain. Pastikan abu vulkanik hilang dan bodi mobil.

Kenapa?

Karena dengan mengusap bodi mobil dengan lap akan meninggalkan baret cukup dalam.

BACA JUGA: BPBD Jember Kirim Logistik dan Personel Bantu Penanganan Semeru

Gosok dengan Cairan Pembersih

Kedua, setelah memastikan abu rontok dengan air, barulah gosok seluruh bodi menggunakan cairan pembersih. Upayakan menggunakan sampo dengan kadar keasaman (PH/Potential Hydrogen) rendah.

Setelah itu bilas dan keringkan bodi kendaraan dengan menggunakan lap kering yang bersih. Disarankan menggunakan lap dengan serat lembut.

Bungkus Kendaraan

Ketiga, bagi kamu yang tinggal di kawasan Gunung berapi aktif, upayakan membungkus kendaraan dengan sarung penutup mobil jika di parkir di luar ruangan. Cara ini dapat melindungi mobil dari hujan abu vulkanis yang kapan pun bisa terjadi.(mic)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Tersangka Terus Bertambah di Kasus Polisi Tembak Polisi, Brigadir Ricky Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Tim Khusus Polri menjerat Brigadir Ricky Rizal dengan pasal pembunuhan berencana dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di rumah dinas...