Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaLifestyleHealthIni Penyebab Munculnya Wabah Cacar Monyet Versi WHO

Ini Penyebab Munculnya Wabah Cacar Monyet Versi WHO

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan sudah ada lebih 200 kasus cacar monyet yang dilaporkan oleh 20 negara non endemik. Kabar baiknya, menurut WHO, penyakit ini masih bisa dikendalikan dan mengusulkan tiap negara untuk menyediakan stok vaksin serta obat-obatan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Berdasarkan laporan para dokter di Inggris, Spanyol, Portugal, Kanada, dan Amerika Serikat, penyakit ini banyak menyerang kelompok gay dan biseksual yang melakukan hubungan seks. Mereka juga memperingatkan virus ini dapat dengan mudah menyebar jika tidak segera dihentikan.

BACA JUGA: Cacar Monyet Mewabah, ECDC: Lebih dari 200 Ribu Kasus Terdeteksi

Direktur Pandemi dan Penyakit Epidemik WHO, dr Sylvie Briand mengatakan, wabah penyakit cacar monyet di masa lalu, telah berevolusi. Namun yang menjadi kekhawatirannya, mungkin ada banyak kasus cacar monyet yang belum terdeteksi.

“Kami tidak tahu apakah saat ini kami hanya melihat puncak gunung es saja. Mungkin ada lebih banyak kasus yang tidak terdeteksi di masyarakat,” kata dr Sylvie, dikutip dari VOA, Sabtu (28/5/2022).

Dugaan Penyebab Munculnya Wabah Cacar Monyet

Dalam konferensi pers WHO yang dilangsungkan pada Jumat (27/5), WHO mengatakan masih banyak pertanyaan yang belum terjawab mengenai pemicu wabah cacar monyet di negara non endemik. Tetapi, mereka memiliki sebuah dugaan.

“Pengurutan pertama virus menunjukkan bahwa jenisnya tidak berbeda dari jenis yang kita temukan di negara-negara endemik dan (wabah ini) mungkin lebih disebabkan adanya perubahan perilaku manusia,” ujar dr Sylvie.

BERITA KHUSUS

Raih Penghargaan Program Inovasi Digital, Gus Ipul: Terus Layani Masyarakat dengan Cepat

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan meraih penghargaan kategori program Inovasi Digital pada ajang Merdeka Award 2022, Kamis (24/06). Wali Kota Pasuruan...

BERITA TERBARU

Wow! PSG Untung Rp 10,9 Triliun Berkat Lionel Messi

NUSADAILY.COM - PARIS - Lionel Messi memang gagal mempersembahkan trofi Liga Champions kepada Paris Saint-Germain. Meski begitu, PSG mendulang keuntungan yang amat besar berkat...