Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaLifestyleHealthWaspada! Kemenkes Jelaskan Cara Penularan Cacar Monyet, Kini Ada 3.335 Kasus di...

Waspada! Kemenkes Jelaskan Cara Penularan Cacar Monyet, Kini Ada 3.335 Kasus di Dunia

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Ada sejumlah cara penularan cacar monyet yang perlu diwaspadai masyarakat. Pasalnya, penyakit zoonosis ini tak hanya menular dari hewan ke hewan, tetapi juga bisa ke manusia.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) dr Mohammad Syahril, menjelaskan bahwa cacar monyet sejauh ini tercatat sekitar 3.335 kasus yang dilaporkan di seluruh dunia, beberapa di antaranya berasal dari negara non-endemis.

BACA JUGA: Kasus Naik 2 Kali Lipat, Cacar Monyet Jadi Perhatian WHO!

“Nah memang baru sejak 13 Mei 2022, beberapa negara non-endemis melaporkan (monkeypox) ada 28 negara. Apakah itu dari Eropa, Amerika, Australia, dan terakhir kemarin di Singapura,” tuturnya tuturnya dalam konferensi pers virtual terkait ‘Update Penanganan COVID-19, Hepatitis Akut dan Cacar Monyet di Indonesia’, Jumat (24/6/2022).

“Ini kasus di dunia saat ini ada 3.335, suspectnya 298, dan yang sudah disingkirkan sebanyak 117 ya,” sambungnya.

dr Syahril menjelaskan bahwa masa inkubasi cacar monyet atau waktu infeksi hingga muncul gejala kurang lebih sekitar 5 sampai 13 hari atau 5 sampai 21 hari. Lantas, seperti apa cara penularan cacar monyet? Berikut informasinya.

Cara Penularan Cacar Monyet

Dalam kesempatan yang sama, dr Syahril juga membeberkan sejumlah cara penularan cacar monyet. Adapun caranya sebagai berikut.

Hewan ke Manusia

  • Kontak langsung dengan darah (monyet, tikus tupai)
  • Cairan tubuh
  • Lesi kulit atau lesi mukosa dari hewan yang terinfeksi
  • Daging hewan liar yang terinfeksi (bush meat) juga dapat menjadi rute penularan penyakit

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU