Kamis, September 29, 2022
BerandaLifestyleHealthVaksin Merah Putih Masuk Uji Klinik Fase Ketiga, BPOM: Izin Penggunaan Darurat...

Vaksin Merah Putih Masuk Uji Klinik Fase Ketiga, BPOM: Izin Penggunaan Darurat September 2022

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Progres pengembangan vaksin Merah Putih kini memasuki uji klinik fase ketiga. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito mengatakan kemungkinan vaksin tersebut bisa memiliki izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) pada September 2022.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Penny menjelaskan vaksin Merah Putih dari kolaborasi Universitas Airlangga (Unair) dan PT Biotis sudah dalam finalisasi uji klinik fase kedua. Diperkirakan vaksin tersebut bisa memasuki fase ketiga di pekan kedua bulan Juni.

BACA JUGA: Vaksin Merah Putih Suci dan Halal, MUI Jatim Ingatkan Standar Operasional di Masyarakat

“Estimasinya adalah kita tunggu, mudah-mudahan sekitar bulan Agustus bisa menyelesaikan fase ketiga dan emergency use authorization bisa diselesaikan pada bulan September,” jelas Penny dalam rapat Komisi IX DPR RI, dikutip dari detikhealth, Selasa (31/5/2022).

Penny mengungkapkan vaksin dengan platform inactivated virus itu akan memasuki uji klinik fase ketiga dengan menggunakan metodologi yang berbeda. Ia berharap dengan metodologi tersebut uji klinik vaksin Merah Putih bisa lebih cepat dengan aspek imunogenisitas yang tetap terjaga.

“Saya kira ada perbaikan, ada metodologi yang baru sehingga akan bisa ada percepatan. Tidak harus melalui efikasi karena memang situasi sudah membaik dengan sudah banyak orang yang divaksinasi,” bebernya.

BACA JUGA: Anggota DPR: Percepat Produksi Vaksin Merah Putih, Jangan Impor Lagi

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Eks Bek MU Sarankan Harry Maguire Kunjungi Psikolog

NUSADAILY.COM - LONDON - Harry Maguire disarankan mengunjungi psikolog. Bek asal Inggris itu dinilai butuh bantuan untuk bisa bermain lebih baik. Maguire baru saja dikecam...