Senin, September 26, 2022
BerandaLifestyleHealthKeseringan Tidur Siang Bisa Picu Hipertensi Bahkan Stroke, Benarkah?

Keseringan Tidur Siang Bisa Picu Hipertensi Bahkan Stroke, Benarkah?

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Tidur siang sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang di seluruh dunia. Kebanyakan dari mereka berpikir tidur siang dapat memulihkan energi sebelum memulai Kembali aktivitas di sore hari. Benarkah tidur siang memberikan manfaat atau justru mengundang risiko penyakit?

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Melansir people.com.cn, pada 25 Juli, Jurnal Medis Otoritatif Internasional mengeluarkan “Hipertensi” yang merupakan hasil penelitian dari tim Profesor Wang e dari RS Xiangya Universitas Pusat Selatan yang dilakukan secara online.

Pertama kalinya bagi mereka menggunakan bioinformatika guna melaksanakan studi klinis sampel mengenai hubungan sebab dan akibat antara tidur siang serta penyakit seperti hipertensi dan stroke (penyakit kardiovaskular).

Baca Juga :Ngeri! Tak Hanya Menular Lewat Seks, Cacar Monyet Bisa Menular Melalui Kontak Fisik Dekat

Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa tidur siang yang lebih dari 3x dalam seminggu bisa memungkinkan terjadinya peningkatan tekanan darah tinggi (hipertensi), stroke atau bahkan penyakit lainnya pada orang lanjut usia.

Hipertensi termasuk salah satu penyebab utama kematian yang diakibatkan penyakit kardiovaskular yang terjadi pada orang lanjut usia. Stroke adalah salah satu penyebab utama kecacatan yang terjadi pada orang lanjut usia.

Pada awal penelitian 24 jam sehari ditemukan, tekanan darah seseorang naik setelah tidur siang.

Tapi,apakah tidur siang bisa menyebabkan peningkatan penyakit seperti hipertensi dan stroke(penyakit kardiovaskular) yang masih menjadi kontroversi di kalangan akademisi.

Hipertensi. Medcom

Berdasarkan basis data di Bio Bank Inggris yang menarik sebanyak 500.000 lebih sukarelawan yang berusia rentang 40-69 tahun agar dapat mengumpulkan informasi mengenai genetika, kesehatan serta gaya hidup mereka.

Tim Wang e menentukan sekelompok orang dengan karakteristik demografis yang sama dengan tindak lanjut 10 tahun dari 350.000 orang tanpa ada Riwayat hipertensi serta stroke dari 500.000 orang yang ada dalam database.

Baca Juga :Duh! Cacar Monyet Ngamuk di Inggris, Kini Tembus 500 Kasus

Penelitian dilakukan dengan mengkombinasikan pengacakan Mendel. Hasil penelitian menyatakan bahwa mereka yang sering melakukan tidur siang memiliki resiko sebesar 12% lebih tinggi terkena Hipertensi serta 24% resiko stroke yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah tidur siang.

“Meskipun penelitian ini ditujukan untuk orang lanjut usia di Eropa, tetapi ini merupakan studi klinis yang dengan skala besar, sehingga umumnya sugestif. Tetapi, sampai saat ini, yang mendasari mekanisme hubungan antara tidur siang dan hipertensi dan stroke serta penyakit lain masih belum pasti, dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut,” ujar Wang e

Berdasarkan penelitian observasional sebelumnya, orang paruh baya yang memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari lebih dari 7 jam. 15-30 menit merupakan waktu yang efektif untuk tidur siang sehingga dapat menjaga kinerja tidur yang bagus guna mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Pada penelitian sebelumnya juga menemukan  kurang tidur di malam hari serta suplementasi tidur di siang hari tidak menyebabkan risiko kesehatan, tetapi mereka tidak menjamin kerugian yang disebabkan karena kurang tidur. Jadi pastikan tidur yang cukup di malam hari guna menjaga kesehtan jantung. (mdr1/lna)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Kecelakaan Maut di Tol JORR, Mobil Terguling Disopiri Suami: 2 Korban Tewas Istri dan Anak!

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Mobil Toyota Calya bernopol F-1303-RS terguling setelah menabrak bagian belakang mobil boks di Km 5+800 Tol JORR arah Kembangan. Mobil...