Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaFoodBenarkah Makan Kepiting Haram? Ini Hukumnya

Benarkah Makan Kepiting Haram? Ini Hukumnya

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kepiting merupakan salah satu makanan lezat di restoran seafood. Mencari daging di antara cangkangnya yang keras akan memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya.

Namun dibalik kelezatan kepiting, ada perbedaan pendapat soal halal atau haramnya. Pasalnya kepiting hidup di dua alam, dalam ilmu fiqih lebih dikenal dengan istilah “al-hayawan al-barma’i”, yaitu binatang yang dapat hidup di darat dan di laut, sebagaimana katak, penyu, dan buaya.

BACA JUGA: Resep Sambal Dabu-dabu yang Bikin Menggebu-gebu

Hal ini para ulama berbeda pendapat tentang hukum mengonsumsi binatang yang kaya kolesterol ini.

Mazhab Hanafi dan Syafi’i Mengharamkan

Melansir NUOnline, ulama mazhab Hanafi dan Syafi’i menegaskan, mengonsumsi kepiting hukumnya haram, sebab termasuk kategori khaba’its (sesuatu yang menjijikkan).

Ulama mazhab Hanafi mengharamkan kepiting, karena menurut mereka, binatang laut yang halal dikonsumsi hanya ikan semata. Sedangkan binatang lain selain ikan hukumnya haram, walaupun hidup di laut.

Imam At Thahawi dalam kitab Mukhtashar Ikhtilafil Ulama menyebutkan:

“Dan binatang laut dalam bentuk apa pun tidak boleh dimakan kecuali ikan.” (At Thahawi, Mukhtashar Ikhtilafil Ulama, juz 3, halaman 214).

BACA JUGA: Ini Lo 5 Manfaat Kopi Campur Madu

Fatwa MUI Kepiting Halal

Dalam fatwa MUI yang dikeluarkan pada tahun 2002, dijelaskan beberapa hal soal kepiting. Seperti dikutip dari situs resmi LPPOM MUI, Menurut Dr. Sulistiono, Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan IPB, menyatakan bahwa kepiting adalah jenis binatang air.

Alasannya adalah karena kepiting bernafas dengan insang, berhabitat di air, dan tidak akan pernah mengeluarkan telor di darat, melainkan di air karena memerlukan oksigen dari air. Dalam rapat tersebut, dinyatakan bahwa kepiting merupakan binatang air, baik di air laut maupun air tawar.

Karena alasan tersebut, Komisi Fatwa MUI menetapkan fatwa jika kepiting adalah halal dikonsumsi sepanjang tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia.

BACA JUGA: Jadi Mentor di Bintang Pantura, Via Vallen Dikritik Dewi Perssik, Ternyata Oh Ternyata…

Halal atau Haram?

Namun bagi Anda yang ingin berhati-hati dalam masalah hukum agama, bisa mengambil pendapat yang mengharamkannya. Atau pun Anda dapat memilih alternatif makanan lain yang kandungan gizi dan vitaminnya tidak kalah dari kepiting, seperti udang, cumi-cumi dan berbagai ikan laut lainnya.(eky)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...