Legenda Barcelona, Andrés Iniesta Bercerita Tentang Depresi yang Ia Alami

Legenda Barcelona Andrés Iniesta berbicara tentang depresinya yang buruk, yang telah ia rasakan sepanjang karirya.

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Legenda Barcelona Andrés Iniesta berbicara tentang depresinya yang buruk, yang telah ia rasakan sepanjang karirya.

Mantan bintang FC Barcelona, Andrés Iniesta (38), yang saat ini bermain untuk Vissel Kobe (liga Jepang), bercerita di podcast “The Wild Project” tentang depresi yang buruk, yang telah mengikutinya sepanjang karirya sebagai pesepak bola professional.

Seperti dilansir Bild, juara dunia 2010 dan juara Eropa berturut 2008 dan 2012 bersama timnas Spanyol itu mengakui secara emosional. “Saya memeluk istri saya, tetapi rasanya seperti memeluk bantal. Aku tidak merasakan apa-apa,” kata Iniesta.

BACA JUGA : Jadwal Liga Champions Pekan Ini: Barcelona Diuji Lagi Lawan...

Baginya, momen terbaik dalam sehari adalah menelan pil dan bisa tidur. Playmaker yang mencetak gol dan membawa tim nasional Spanyol juara dunia 2010 (1-0 vs Belanda) itu, menjelaskan bahwa dia masih menjalani terapi hingga saat ini.

“Saya masih menjalani terapi karena saya harus berdamai dengan diri saya sendiri. Saya senang mendengarkan para pemain professional berbicara tentang kesehatan mental dan depresi. Anda berkata pada diri sendiri, itu adalah tubuh Anda, tetapi Anda tidak merasakan kehidupan yang saya lalui, tidak ada kegembiraan dan tidak ada energi,” ungkap Iniesta.

“Bagaimanapun, hidup mengajarkan Anda bahwa depresi dan kesehatan mental dapat mempengaruhi siapa saja. Ini bukan tentang hal-hal materi. Saya bisa memiliki semua mobil di dunia dan apa pun yang saya inginkan. Namun, saya masih sulit untuk menghadapi masalah hidup,” lanjutnya.

Kepindahannya dari Catalan ke Vissel Kobe di Jepang pada tahun 2018 sangat sulit bagi gelandang tersebut.

BACA JUGA : Soal Rivalitas, Ronaldo Tak Mau Lihat Messi Juara Piala Dunia 2022!

Kepindahan Iniesta dari Barcelona ke Vissel Kobe. Foto: Getty Images

Setelah lebih dari 22 tahun di Barca dan total pertandingan 674 yang luar biasa untuk klub papan atas, ia meninggalkan kota metropolitan Mediterania dengan berat hati.

Menurut pernyataannya sendiri, depresi dikatakan sangat buruk saat ini, dan perubahan budaya sangat membebaninya.

Kontraknya saat ini dengan juara liga Jepang lima kali itu berlangsug hingga musim panas 2024,

Keinginan Iniesta setelah pensiun?

“Saya ingin kembali ke Barcelona sebagai pelatih atau direktur olahraga, tetapi pertama-tama saya harus belajar dahulu dan kemudian lihat saja nanti,” kata sang gelandang.

Selain karir sepak bolanya, Andrés Iniesta saat ini menjalankan kilang anggur di kota kelahiranya Fuentealbilla, Spanyol, sekitar 150 kilometer sebelah barat kota Valencia.

Di Barcelona, Iniesta memenangkan Liga Champions sebanyak empat kali (2006,2009,2011 dan 2015) dan mencatatkan 138 assist dan bermain dengan pemain kelas dunia seperti Ronaldinho (42) dan Thierry Henry (45) hingga Lionel Messi (35).(jrm1)