LBH Jakarta Justice Komitmen Berikan Pelayanan Hukum Masyarakat Miskin

LBH Jakarta Justice Komitmen Berikan Pelayanan Hukum Masyarakat Miskin
Yulianto SH MH, Direktur LBH Jakarta Justice

NUSADAILY.COM-MEDAN-Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta Justice berkomitmen memberikan layanan bantuan hukum kepada orang miskin atau kelompok orang miskin di seluruh tanah air guna mendapatkan kepastian hukum. Demikian hal ini  ditegaskan kembali oleh Direktur LBH Jakarta Justice, Yuliyanto SH, MH kepada Nusadaily.com melalui sambungan telepon, Kamis (7/12/2022)

Menurut advokad senior yang dikenal ramah dan dermawan ini, bahwa LBH yang dipimpinnya telah memberikan bantuan hukum kepada orang miskin sekitar 500 orang sejak tahun 2012-2019. Termasuk juga untuk tahun 2021-2022.

Ia menyebut tugas LBH adalah menjamin dan memenuhi hak bagi penerima bantuan hukum untuk mendapatkan akses keadilan.

LBH  Jakarta Justice , lanjut Yuliyanto, untuk mewujudkan hak konstitusional semua warga negara sesuai dengan prinsip persamaan kedudukan di dalam hukum

"Tugas LBH juga memberikan bantuan hukum terhadap seseorang yang tengah menjalani suatu proses hukum," sebutnya.

Ditegaskan Yuliyanto, keberadaan LBH Jakarta Justice sudah terverifikasi di Kemenkumham Republik Indonesia.

"Dalam memberikan pelayanan bantuan hukum kepada warga ditangani pengacara  dan advokat yang profesional," tegasnya. 

Menyinggung soal kasus dugaan mafia tanah di Medan atas nama korban Todo Edward Agave Sianipar SE yang sedang berproses, pihaknya sedang menunggu keputusan dari JPU Kejari Medan.

"Penyidik kepolisian dari Satreskrim Polrestabes Medan sudah melimpahkan berkas perkaranya ke JPU Kejari Medan. Kita tunggu saja keputusannya. Kita tentu saja berharap P21 atau lengkap, karena sudah enam kali dikembalikan untuk dilengkapi lagi. Sebenarnya kasus penipuannya sudah jelas dan sudah ada keterangan saksi ahli hukum pidana dari Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara," jawabnya. (mar/wan)