Lalin Gatot Subroto Macet! Ada Demo Perangkat Desa di DPR

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan massa dari PPDI sudah berdatangan sejak pukul 06.00 WIB pagi tadi. "Demo dari PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia). Sudah datang dari jam 06.00 WIB," kata Latif, Rabu (25/1/2023).

Lalin Gatot Subroto Macet! Ada Demo Perangkat Desa di DPR

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Polisi melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Gatot Subroto depan gedung MPR/DPR RI, Jakarta Pusat, pagi ini imbas demo massa.

Polisi menyebut massa demo pagi ini adalah para perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan massa dari PPDI sudah berdatangan sejak pukul 06.00 WIB pagi tadi.

"Demo dari PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia). Sudah datang dari jam 06.00 WIB," kata Latif, Rabu (25/1/2023).

Latif mengatakan lalu lintas sekitar DPR mengalami kepadatan. Meski demikian, penutupan arus lalu lintas belum diberlakukan.

"Lalin padat ya. Lalin tidak kita tutup, kita atur saja. Kalau massa penuh, nanti kita alihkan," katanya.

Sebelumnya, para kepala desa berdemo di DPR pada 17 Januari 2023 lalu. Mereka demo menuntut jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun.

Rekayasa Lalin
Polisi melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, tepatnya di depan komplek DPR/MPR RI. Lalu lintas dialihkan berkaitan adanya unjuk rasa.

Informasi tersebut disampaikan akun resmi Instagram TMC Polda Metro Jaya, Rabu (25/1/2023).

"Alih Arus Seputaran GD. DPR / MPR RI dalam rangka Penyampaian Pendapat pada Hari Rabu 25 Januari 2023," tulis TMC Polda Metro Jaya, dilihat Rabu (25/1/2023).

Lalu lintas menuju Jalan Gatot Subroto depan DPR akan ditutup dan dialihkan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Sejumlah ruas jalan ditutup dan dialihkan imbas demo tersebut.

"Alih arus dilaksanakan Hari Rabu 25 Januari 2021 pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Masyarakat menuju sekitar gedung DPR/MPR RI agar mencari jalan alternatif lain," tulis TMC Polda Metro pada unggahan skema rekayasa lalin.

Berikut ini rute pengalihan arus sekitar DPR:

- Arus lalu lintas dari Jl Gatot Subroto arah gedung DPR/MPR RI dibelokkan ke kiri ke Jl Gerbang Pemuda
- Arus lalu lintas dari Jl Gerbang Pemuda arah gedung DPR/MPR diputar balik di kolong layang Farmasi ke Jl Gerbang Pemuda
- Arus lalu lintas dari tol dalam kota yang akan keluar di off ramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tol Tomang
- Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur arah Jalan Gelora diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar
- Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika diluruskan ke Jalan Gelora
- Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda arah Jalan Gelora Gelora di belok ke kiri Jalan Asia Afrika
- Arus lalu lintas dari arah Slipi menuju Jalan Gerbang Pemuda ditutup diluruskan arah Semanggi
- Apabila terjadi kepadatan bus di pintu 10 yang akan parkir di GBK maka sebelum simpang susun Semanggi dibelokkan ke kiri arah Bundaran Senayan dan diarahkan masuk melalui pintu 7 GBK.(sir)