Laga Timnas vs Tanzania Tidak Pengaruhi Ranking FIFA

May 19, 2024 - 18:10
Laga Timnas vs Tanzania Tidak Pengaruhi Ranking FIFA
Skuad Garuda siap berlaga di ajang uji coba melawan Tanzania. Foto : PSSI

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Jelang perhelatan ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 grup F Zona Asia melawan Irak dan Filipina. Timnas Indonesia dijadwalkan akan melakukan laga uji coba melawan timnas Tanzania.

 

Pertandingan itu merupakan pemanasan bagi skuad garuda sebelum bertanding di kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 6 Juni dan 11 Juni 2024 . Rencananya pertandingan tersebut bakal digelar di Stadion Madya Senayan Jakarta pada Senin (2/6/2024).

 

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sudarmadji mengungkapkan jika laga persahabatan ini merupakan pemanasan tim merah putih menjelang laga melawan Irak dan Filipina. Dikatakan pula jika pertandingan ini tidak akan mempengaruhi ranking FIFA kedua negara.

 

"Uji coba melawan Tanzania tidak masuk FIFA Matchday yang mempengaruhi poin dan ranking FIFA," kata Sudarmadji dikutip Sabtu (17/5/2024).

 

Seperti diketahui, saat ini Indonesia berada di ranking 134 FIFA dengan mengantongi 1102,7 poin. Sementara Tanzania  saat ini berada diperingkat ke 119 dengan mengoleksi 1159 angka.

 

Indonesia dan Tanzania terakhir  bertemu pada laga persahabatan sebelumnya, tepatnya di tahun 1997. Saat itu pertandingan berlangsung di Stadion Siliwangi Bandung dan dimenangkan oleh skuad garuda dengan skor 3-1 .

 

Dalam pertandingan tersebut, Kurniawan Dwi Yulianto mampu melesatkan dua gol ke gawang Tanzania. Sedangkan satu gol lagi diciptakan oleh Fahkri Husaini.

 

Terkait pemain, saat ini Tanzania memiliki striker ganas Mbwana Samatta mantan top skorer Liga Champions Afrika tahun 2015 lalu. Bahkan pemain berusia 31 tahun itu juga dipercaya sebagai kapten.

 

Pada periode Januari - September 2020 Mbwana Samatta juga pernah memperkuat Aston Villa. Di Liga Inggris itu ia berhasil menciptakan 2 gol dari 16 penampilannya.

 

Untuk debutnya bersama timnas Tanzania pemain yang saat ini merumput di Liga Yunani itu, berhasil menyumbangkan 18 gol dengan 6 assist dari 66 kali penampulan. Sementara timnas Tanzania tahun ini telah melakoni 7 kali pertandingan.

 

Termasuk tiga pertandingan di Piala Afrika 2024 dengan runcian satu kali menang, dua kali imbang dan empat kali kalah. Satu satunya kemenangan yang diraih saat melawan Mongolia 3-0 pada 23 Maret 2024 lalu. (sir/wan)