Kumpulan Bacaan Doa Saat Gunung Meletus Agar Terhindar dari Musibah

Rasulullah SAW pernah mencontohkan bacaan doa tolak bala dalam haditsnya

Kumpulan Bacaan Doa Saat Gunung Meletus Agar Terhindar dari Musibah
Ilustrasi berdoa

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG) telah menyatakan status Gunung Semeru Jawa Timur pada (04/12/2022) dinaikkan dari Level 3 atau Siaga menjadi level 4 atau Awas. Umat Islam disunahkan untuk membaca doa ini agar terhindar dari bencana.

Bahkan dijelaskan dalam laman Japan Meteorological Agency (JMA) menyebutkan bahwa adanya kemungkinan timbulnya tsunami di wilayahnya akibat letusan Gunung Semeru. Namun, ketinggian gelombang yang ditimbulkan belum diketahui.

BACA JUGA : Banjir Lahar Dingin Semeru Seret Alat Berat Penambang Sungai...

Tak ada siapapun yang ingin tertimpa musibah. Akan tetapi karena sebab faktor alamiah atau ulah manusia, seringkali manusia dihadapkan dengan bencana. Dalam Islam, segala sesuatu yang menimpa diri kita perlu kita jalani dengan lapang dada. Dan tentunya tetap berdoa kepada Allah SWT supaya diri kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

Rasulullah SAW pernah mencontohkan bacaan doa tolak bala dalam haditsnya, seperti berikut:
تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Artinya: "Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian." (HR Bukhari)

BACA JUGA : Gunung Semeru Erupsi Pagi Ini, Semburkan Abu Setinggi 500...

Adapun bacaan doa tolak bala yang dapat dijadikan doa saat terjadi gunung meletus yang dilansir dalam Nu Online, Kemenag Surabaya dan buku Kumpulan Do'a dari Al-Qur'an dan As-Sunnah yang Shahih karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas adalah sebagai berikut:

1. Doa saat Gunung Meletus (1)
بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bacaan latin: Bismillahilladzi la yadurru ma'asmihi syai'un fil ardhi wa laa fissamaa'i, wa huwassamii'ul 'aliim

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

2. Doa saat Gunung Meletus (2)
اللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ وَسِرِّ الْفَاتِحَةِ يَا فَارِجَ الْهَمِّ وَيَاكَاشِفَ الْغَمِّ، يَامَنْ لِعِبَادِهِ يَغْفِرُوَيَرْحَمُ، يَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَا اَللّٰهُ، وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحْمٰنُ وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحِيْمُ

Bacaan latin: Allohumma bihaqqil fatihah, wasirril fatihah, yaa faarijal hamma, wa yaa kasyifal ghomma, yaa man li ibaadihi yaghfiru wa yarham, yaa dafi'al bala-i yaa allah, wa yaa dafi'al bala-i ya rohman, wa yaa dafi'al bala-i yaa rohiim.

Artinya: "Ya Allah, dengan kebenaran Al-Fatihah dan rahasia Al-Fatihah, Wahai sang pembedah kegelisahan. Wahai Sang Penyingkap Kebingugnan. Wahai Dzat yang mengampuni dan mengasihi para hambaNya, Wahai Sang Penolak Bala, Ya Allah. Tuhan Yang Maha Pengasih. Wahai Sang Penolak Bala, Tuhan Yang Maha Penyayang,"

3. Doa saat Gunung Meletus (3)
اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوْءِ الْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ.

Bacaan latin: Allahumma innii a-'uudzubika min jahdil balaa-i, wa darakisy syaqaa-i, wa suu-il qadhaa-i, wa syamaatatil a'daa-i

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari susahnya bala (bencana), hinanya kesengsaraan, keburukan qadha' (takdir), dan kegembiraan para musuh." (HR Bukhari dan Muslim).

4. Doa bagi Mereka yang Tertimpa Musibah
Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa Rasulullah mengajarkan, saat kita tertimpa musibah agar membaca doa berikut ini:
إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji'un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ.

Artinya: "Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya."

Itulah beberapa doa gunung meletus yang dapat kita amalkan agar terhindar dari erupsi gunung Semeru.(ros)