Kronologi Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang Libatkan11 Kendaraan

"16.04 WIB #Tol_Purbaleunyi HATI-HATI di Jatiluhur Km 85+600 arah Jakarta, ada penanganan kecelakaan menutup seluruh lajur, Gunakan Jalur Alternatif KELUAR CIKUMUNING," demikian cuit akun Jasa Marga.

Jul 11, 2024 - 09:52
Kronologi Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang Libatkan11 Kendaraan

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Sejumlah kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Tol Cipularang Km 86 arah Jakarta. Hal ini sempat menyebabkan jalan ditutup hingga macet parah.

Informasi ini dibagikan akun X Jasa Marga pada Rabu (10/7/2024). Kendaraan yang terlibat kecelakaan menutupi seluruh lajur. Jasa Marga mengimbau para pengendara untuk keluar di Cikamuning.

"16.04 WIB #Tol_Purbaleunyi HATI-HATI di Jatiluhur Km 85+600 arah Jakarta, ada penanganan kecelakaan menutup seluruh lajur, Gunakan Jalur Alternatif KELUAR CIKUMUNING," demikian cuit akun Jasa Marga.

Bus Ringsek-Mobil Terguling

Dari video yang beredar, ada satu bus yang ringsek pada bagian depan mobil. Satu mobil juga terguling. Total sembilan kendaraan terlibat kecelakaan beruntun.

"Kecelakaan melibatkan sembilan kendaraan," ucap Kepala Induk PJR Cipularang Kompol Joko Prihanton kepada wartawan saat dimintai konfirmasi.

Dia mengatakan kecelakaan terjadi pukul 15.30 WIB.

Dia menjelaskan, kecelakaan bermula saat bus Primajasa dengan nomor polisi (nopol) B-7198-ZX melaju dari arah Bandung menuju Jakarta. Kecelakaan terjadi di jalan yang menikung.

Total 11 Kendaraan

Polisi mengatakan ada 11 unit kendaraan dalam kecelakaan ini.

Sebelas kendaraan itu terdiri atas bus Primajasa, dua truk, dua pikap, dan tujuh mobil. Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Dadang Supriadi mengatakan kecelakaan ini dipicu bus Primajasa menabrak 10 kendaraan lain di depannya.

"Kendaraan PO Bus Primajasa datang dari arah Bandung menuju arah Jakarta setibanya di TKP di jalan agak menikung dan menurun telah menabrak kendaraan 10 kendaraan yang berada di depannya," ujar AKP Dadang dalam keterangan tertulis, Rabu (10/7).

Polisi juga sedang mengusut kecelakaan beruntun itu. Para penumpang bus yang mengalami kecelakaan sedang dimintai keterangan.

3 Orang Luka

Disebutkan, Ada tiga orang yang terluka akibat kecelakaan tersebut. Ketiga korban luka terdiri atas seorang sopir bus Primajasa dan dua orang lain yang mengalami luka ringan.

"Untuk korban sementara tiga orang mengalami luka-luka, kemudian dibawa ke RS Abdul Radjak (Radjak Hospital Purwakarta)," kata Kepala Induk PJR Cipularang Kompol Joko Prihantono, Rabu (10/7).

"Untuk penumpang bus Primajasa diboyong ke Laka Polres Purwakarta untuk dimintai keterangan," tuturnya.

Jalur Ditutup dan Macet 2,5 Km

Macet panjang terjadi imbas kecelakaan ini. Kepadatan kendaraan mencapai 2,5 km.

Untuk melakukan evakuasi, petugas juga menutup jalan.

"Masih penanganan petugas. Semua lajur masih tertutup," kata petugas call center Jasa Marga, Ahmad, saat dihubungi, Rabu (10/7), pukul 16.56 WIB.

"(Kepadatan kendaraan mengular) sampai setelah rest area Km 88 buntut kemacetan," sambungnya.

Jasa Marga Minta Maaf Macet

Jasa Marga Metropolitan Tollroad meminta maaf terkait kemacetan panjang di ruas Tol Cipularang arah Jakarta imbas kecelakaan beruntun.

"Representative Office 3 selaku pengelola Ruas Tol Cipularang Bersama Kepolisian dan Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) telah berada di Lokasi dan melakukan Upaya penanganan untuk mempercepat proses evakuasi korban dan normalisasi lalu lintas agar dapat segera dilintasi," kata Senior Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Agni Mayvinna dalam keterangan, Rabu (10/7/2024).

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat kejadian ini," sambungnya.(sir)