Kostum Jeffrey Dahmer Larang Untuk Diedarkan Menjelang Pesta Hallowen

Situs jual beli itu menghapus semua daftar kostum yang terkait dengan Dahmer menjelang perayaan Halloween pada akhir Oktober. Pihak eBay menjelaskan tindakan itu berdasarkan kebijakan yang diatur perusahaan.

Kostum Jeffrey Dahmer Larang Untuk Diedarkan Menjelang Pesta Hallowen
Kostum bertema pembunuh berantai Jeffrey Dahmer dilarang dijual di situs jual beli eBay menjelang perayaan Halloween. (Foto: COURTESY OF NETFLIX/)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Kostum bertema pembunuh berantai Jeffrey Dahmer dilarang dijual di situs jual beli eBay setelah serial Netflix yang mengangkat kisahnya ramai diperbincangkan belakangan ini.

Situs jual beli itu menghapus semua daftar kostum yang terkait dengan Dahmer menjelang perayaan Halloween pada akhir Oktober. Pihak eBay menjelaskan tindakan itu berdasarkan kebijakan yang diatur perusahaan.

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa barang-barang ini dilarang di eBay dan dihapus berdasarkan Kebijakan Kekerasan dan Tindakan Kriminal kami," kata juru bicara eBay, seperti diberitakan Entertainment Weekly pada Rabu (19/10).

BACA JUGA : Sule Buka Suara soal Isu Nathalie Holscher Selingkuh: No Comment, Tuhan yang Tau Semuanya

"Barang-barang ini telah dilarang berdasarkan kebijakan - ini bukan keputusan baru," tegas mereka.

Aturan tersebut melarang penjual eBay menjual produk yang "mempromosikan atau mengagungkan kekerasan terhadap manusia atau hewan." Kekerasan itu meliputi pemerkosaan, penyiksaan, kamar mayat, mayat atau bagian tubuh orang mati.

Namun, EW melaporkan bahwa beberapa penjual tampak menyiasati aturan tersebut. Terdapat kacamata berbingkai kawat yang terlihat mirip secara visual dengan yang pernah dipakai Dahmer.

Produk itu kemudian diberi label 'kacamata yang terinspirasi mode' sehingga tidak terdeteksi sistem yang diterapkan eBay. Kostum lainnya dilaporkan menampilkan topeng aktor Evan Peters yang berperan sebagai Dahmer dalam serial tersebut.

Dahmer - Monster: The Jeffrey Dahmer Story menceritakan tentang cara Dahmer (Evan Peters) membunuh dan memutilasi sekitar 17 laki-laki dalam periode 1978 dan 1991.

BACA JUGA : Postingan Umi Kalsum Tentang Ayu Ting Ting dan Boy William Tuai Banyak Respons, Netizen: Udah Dapat Restu Nih?

Jeffrey Dahmer dikenal sebagai monster. Ia merupakan pelaku pelecehan seksual bahkan terhadap anak-anak, serta pembunuh berdarah dingin karena menghabisi para korban secara bengis.

Tak hanya membunuh, ia juga mengawetkan bagian tubuh hingga memakan daging korbannya.

Sebagian besar korban Dahmer adalah mereka yang terdampak rasisme sistemik. Jumlah korban itu juga semakin bertambah akibat kurang ketat dan cekatannya kelembagaan polisi di AS dalam memproses laporan saksi.

Serial Dahmer - Monster: The Jeffrey Dahmer Story dibuat Ryan Murphy bersama Ian Brennan. Selain Evan Peters, serial ini juga dibintangi Richard Jenkins, Molly Ringwald, Niecy Nash, dan Michael Learned.(rws)