Korut Luncurkan 3 Rudal Balistik Usai Tembakkan 23 Rudal

Rentetan peluncuran rudal Korut tersebut terjadi saat Seoul dan Washington melakukan latihan udara bersama terbesar mereka, yang melibatkan ratusan pesawat tempur dari kedua belah pihak.

Korut Luncurkan 3 Rudal Balistik Usai Tembakkan 23 Rudal
Rudal Balistik Korut

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Korea Utara (Korut) menembakkan tiga rudal balistik pada Kamis (3/11) ini yang terdiri dari satu rudal balistik jarak jauh dan dua jarak pendek. Salah satu rudal tersebut memicu peringatan bagi penduduk sebuah pulau Korea Selatan dan warga di bagian utara Jepang untuk mencari perlindungan.

Dilansir kantor berita AFP, Kamis (3/11/2022), militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan telah mendeteksi "satu rudal balistik jarak jauh, yang diyakini telah diluncurkan ke Laut Timur sekitar pukul 07:40 di daerah Sunan, Pyongyang," katanya, mengacu ke perairan yang juga dikenal sebagai Laut Jepang.

BACA JUGA : Korut Tembak Rudal Balistik, Peringatan Evakuasi Menggema di Korsel

Tak lama setelah itu, militer Korsel mendeteksi apa yang "diyakini sebagai dua rudal balistik jarak pendek yang ditembakkan sekitar pukul 08:39 pagi dari Kaechon, provinsi Pyongan Selatan."

Militer Korea Selatan "mempertahankan postur kesiapan penuh sambil bekerja sama erat dengan Amerika Serikat dan memperkuat pengawasan dan kewaspadaan," ujar militer Seoul.

Peluncuran itu dilakukan sehari setelah Pyongyang menembakkan sedikitnya 23 rudal, termasuk satu rudal yang mendarat di dekat perairan teritorial Korea Selatan.

Rentetan peluncuran rudal Korut tersebut terjadi saat Seoul dan Washington melakukan latihan udara bersama terbesar mereka, yang melibatkan ratusan pesawat tempur dari kedua belah pihak.

BACA JUGA : Rusia Bombardir Wilayah Ukraina Tengah, 9 Rudal Hantam Kota Kremenchuk

Media lokal melaporkan bahwa sirene serangan udara telah berbunyi di pulau Ulleungdo di timur Korea Selatan -- di mana penduduk diperingatkan pada hari Rabu (2/11) untuk mencari perlindungan setelah salah satu rudal balistik jarak pendek Pyongyang melintasi perbatasan laut de facto.

Tokyo juga mengkonfirmasi peluncuran rudal Korut pada Kamis tersebut. Otoritas Jepang mengeluarkan peringatan khusus kepada penduduk wilayah utara sesaat sebelum jam 8 pagi waktu setempat, menyuruh warga untuk tinggal di dalam rumah atau mencari perlindungan.

Tokyo awalnya mengatakan rudal itu terbang di atas Jepang, tetapi Menteri Pertahanan Yasukazu Hamada kemudian mengatakan "rudal itu tidak melintasi kepulauan Jepang, tetapi menghilang di atas Laut Jepang."

Sebelumnya, pada 4 Oktober, Korea Utara menembakkan rudal ke Jepang yang juga memicu peringatan evakuasi. Pyongyang kemudian mengklaim itu adalah "rudal balistik jarak menengah darat-ke-darat tipe baru".

Ini adalah pertama kalinya Korea Utara menembakkan rudal ke Jepang sejak 2017.(ros)