Konsumsi Listrik China Naik 4 Persen Periode Januari-September

Konsumsi listrik China, patokan utama kegiatan ekonomi, mempertahankan pertumbuhan yang stabil dalam sembilan bulan pertama tahun ini, berdasarkan data resmi pada Kamis (13/10).

Konsumsi Listrik China Naik 4 Persen Periode Januari-September
ilustrasi penggunaan listrik sumber istockphoto

NUSADAILY.COM – BEIJING – Konsumsi listrik China, patokan utama kegiatan ekonomi, mempertahankan pertumbuhan yang stabil dalam sembilan bulan pertama tahun ini, berdasarkan data resmi pada Kamis (13/10).

ilustasi statistik ekonomi sumber istockphoto

Melansir Xinhua, penggunaan listrik meningkat 4 persen tahun ke tahun mencapai 6,49 triliun kilowatt-jam pada periode bulan Januari-September, menurut Administrasi Energi Nasional.

Baca Juga: China Semakin Mampu Saingi AS di Kancah Internasional,...

Konsumsi listrik di industri primer tumbuh 8,4 persen YoY dalam sembilan bulan pertama. Listrik yang digunakan oleh industri sekunder dan tersier masing-masing meningkat 1,6 persen dan 4,9 persen. Konsumsi listrik penduduk mencatat peningkatan tahun-ke-tahun sebesar 13,5 persen.

Pada bulan September saja, konsumsi listrik di China mencapai 709,2 miliar kilowatt-jam, naik 0,9 persen YoY. Penggunaan listrik di industri primer dan sekunder masing-masing naik 4,1 persen dan 3,3 persen, dan turun 4,6 persen di sektor tersier.

Baca Juga:IMF Proyeksikan Ekonomi Global Tumbuh 3,2 Persen Tahun Ini

Listrik tak hanya berfungsi sebagai sumber penerangan bagi manusia, banyak sekali manfaat listrik bagi kehidupan manusia karena terdapat banyak kegiatan manusia yang membutuhkan listrik. Kebutuhan aktivitas rumah tangga, industri dan masih banyak lagi sektor lain yang membutuhkan listrik. (mdr1/lna)