Komisi Yudisial Pantau Jalannya Sidang Sambo cs Agar Hakim Tak Langgar Etik

Hakim yang nantinya bertugas harus memedomani aturan yang sudah menjadi kesepakatan Komisi Yudisial dan juga Mahkamah Agung.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) memantau jalannya persidangan Ferdy Sambo Cs di Kantor Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). KY akan mengawasi agar hakim tidak melanggar etik dalam persidangan.

"Intinya kita memantau apakah hakim melakukan tugas sesuai Undang-undang tidak melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman, itu saja," kata Wakil Ketua KY M Taufiq HZ di lokasi, Senin (17/10/2022).

Taufiq mengatakan Hakim yang nantinya bertugas harus memedomani aturan yang sudah menjadi kesepakatan Komisi Yudisial dan juga Mahkamah Agung. Taufiq menuturkan, Komisi Yudisial juga memantau hakim agar tidak mendapatkan intervensi dari pihak manapun ketika bertugas.

BACA JUGA : Ada Buku Hitam Milik Sambo Diduga Berisi Catatan Konsorsium 303

"Artinya kita memantau apakah persidangan berjalan seperti yang kita harapkan, tidak ada tekanan. Kalau hakim merasa nyaman-nyaman saja, tidak ada tekanan dari siapapun termasuk atasan juga. Jadi pemantauan itu yang berkaitan dengan kode etik dan pedoman," ujarnya.

Diketahui, Ferdy Sambo dkk akan menjalani sidang perdana terkait kasus pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J hari ini. Ada 3 hakim yang akan memimpin proses sidang Ferdy Sambo tersebut. Siapa saja?

Untuk diketahui, sidang perdana terdakwa Ferdy Sambo dkk dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua bakal digelar mulai hari ini. Sidang Sambo dkk akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Dilansir dari detik.com, sidang akan digelar tiga hari berturut-turut. Di hari pertama ini, terdakwa yang akan menjalani sidang yakni Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf.

Sedangkan di hari kedua, Selasa (18/10) dijadwalkan sidang untuk terdakwa Bharada Richard Eliezer Pudiang Lumiu (Bharada E).

BACA JUGA : Bharada E Serangan Balik Ferdy Sambo Usai Klaim Baru Sambo

Di hari ketiga, Rabu (19/10), sidang digelar untuk 6 tersangka obstruction of justice. Mereka yang akan disidang adalah Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, dan AKBP Arif Rahman Arifin.

Berdasarkan keterangan Pejabat Humas PN Jaksel, Djuyamto, berikut adalah ketiga hakim yang akan memimpin sidang:

Senin (17/10/2022)-Selasa (18/10):
- Wahyu Iman Santosa (Pimpinan Sidang)
- Morgan Simanjuntak
- Alimin Ribut Sujono

Rabu (19/10):
- Ahmad Suhel (Pimpinan Sidang)
- Djuyamto
- Hendra Yuristiawan

Untuk sidang perdana Ferdy Sambo pada Senin (17/10/2022) hari ini, tiga hakimnya adalah Wahyu Iman Santoso selaku pimpinan sidang, serta Morgan Simanjuntak dan Alimin Ribut Sujono selaku anggota majelis hakim.(ros)