Kisah Istri Berhasil Kumpulkan Uang Ratusan Juta Dalam 3 Tahun

Sejak kecil kita sudah diajarkan cara untuk menabung. Mengingat adanya pepatah 'menabung pangkal kaya', demi menyiapkan masa depan yang lebih baik.

Kisah Istri Berhasil Kumpulkan Uang Ratusan Juta Dalam 3 Tahun
Ilustrasi/Foto: Dok. Shutterstock

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Sejak kecil kita sudah diajarkan cara untuk menabung. Mengingat adanya pepatah 'menabung pangkal kaya', demi menyiapkan masa depan yang lebih baik.

Oleh karena itu, penting bagi para pemula untuk mengetahui apa itu investasi dan bagaimana cara melakukannya.

Seperti pada sebuah unggahan wanita yang mengaku memutuskan resign tapi malah bisa menabung dan investasi hingga Rp180 juta dalam kurun waktu 3 tahun.

Dilansir melalui akun Instagram @ngertisaham, Sabtu (21/1/2023), seorang wanita anonim ini awalnya pernah bekerja, namun sejak menikah dirinya disuruh resign oleh sang suami dan kini hanya menjadi ibu rumah tangga (IRT).

Penghasilan suaminya per bulan yaitu Rp5,6 juta ditambah Rp1 juta karena ada insentif makan dan transportasi.

Tapi, jika sedang lembur gajinya bisa menyentuh Rp8 juta per bulannya.

Untuk tempat tinggal, sekarang mereka masih mengontrak di daerah Tangerang sementara suaminya ditugaskan di Jakarta sehingga harus pulang-pergi.

Mereka juga mempunyai balita yang berumur 2 tahun, balita tersebut masih minum susu formula dan memakai diapers.

Di samping semua itu, per bulannya dirinya bisa menyimpan uang sebanyak Rp2 juta dengan gaji yang hanya Rp6 juta.

Padahal, uangnya sebagian juga masih diberikan kepada mertua dan membantu adik yang masih sekolah.

Belum lagi, suaminya seorang perokok aktif, yang dalam sebulan bisa menghabiskan 2 slop rokok.

Jadi, bagaimana cara IRT tersebut mengelola keuangannya? berikut rinciannya di bawah ini.

Pertama, karena suaminya merupakan seorang perokok aktif, dirinya tiap bulan langsung membeli rokok di agen agar mendapatkan harga yang lebih murah. Harga 2 slop rokok adalah Rp802 ribu.

Kedua, untuk uang bensin per bulan disisihkannya sebanyak Rp350 ribu, paket internet sebanyak Rp200 ribu, susu formula dan diapers sebesar Rp800 ribu. Adapun, kebutuhan kecil-kecilan seperti bayaran kontrakan Rp400 ribu, listrik Rp150 ribu, dan air Rp50 ribu.

Selanjutnya, untuk belanja bulanan seperti beras, minyak, sabun, dan lain-lain yaitu sebesar Rp400 ribu. Lauk-pauk dan sayuran dalam seminggu bisa menghabiskan Rp400 ribu, mengajak jalan anak di hari weekend sebulannya sebesar Rp300 ribu, kasih untuk mertua Rp300 ribu, dan terakhir adalah dana darurat sebesar Rp300 ribu.

Jadi, jika ditotalkan semuanya dalam sebulan dirinya hanya mengeluarkan uang sekitar Rp4,3 juta. Lalu, sisa uang Rp2 juta ditabung ke atm.

Diketahui, saat ini dirinya sudah mempunyai saham sebesar Rp140 juta dan tabungan di atm minimal Rp40 juta. Semua itu bisa dikumpulkan hanya dalam kurun waktu 3 tahun menikah.

(roi)