KIB Akar Rumput Dukung Anies di Pilpres 2024

"Nah KIB ini memang kadang-kadang dikenali banyak orang sebagai Koalisi Indonesia Bersatu. Jadi namanya saja yang sama tapi spiritnya berbeda," ujarnya. Menurutnya, Sekber KIB bentukan relawan pendukung Anies ini merupakan gerakan akar rumput. Sedangkan Koalisi Indonesia Bersatu adalah gerakan kaum elite.

Feb 2, 2023 - 15:31
KIB Akar Rumput Dukung Anies di Pilpres 2024

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Ketua Umum Kornas Go Anies Sirajuddin Abdul Wahab, mendeklarasikan kelompok relawan dukungan untuk mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju di Pilpres 2024.

Tiga kelompok relawan ini membentuk Sekretariat Bersama Kuning Ijo Biru (Sekber KIB).

"Kami tiga simpul relawan Go Anies, Forum Ka'bah Membangun, Anies Amanat Indonesia di seluruh Indonesia dengan ini menyatakan membentuk Sekretariat bersama dengan nama Kuning, Ijo, Biru (Sekber KIB)," ujar Sirajudin di Hotel Century Jakarta, Rabu (1/2), mengutip CNNIndonesia.com.

Sirajudin mengatakan KIB bentukan relawan pendukung Anies berbeda dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Partai Golkar, PPP, dan PAN.

"Nah KIB ini memang kadang-kadang dikenali banyak orang sebagai Koalisi Indonesia Bersatu. Jadi namanya saja yang sama tapi spiritnya berbeda," ujarnya.

Menurutnya, Sekber KIB bentukan relawan pendukung Anies ini merupakan gerakan akar rumput. Sedangkan Koalisi Indonesia Bersatu adalah gerakan kaum elite.

"Nah kalau bahasa lucu-lucunya itu, kalau KIB yang satu itu kan kabel, koalisi elite, jadi kalo KIB kita itu kibar, yaitu kuning ijo biru arus rakyat. Itulah yang menjadi semangat kita untuk mengadakan KIB ini," katanya.

Sirajudin menegaskan deklarasi Sekber KIB ini tidak melibatkan partai politik. Kelompok relawan Anies ini dibentuk untuk perubahan Indonesia yang lebih baik.

"Hari ini disambut Sekretariat Bersama KIB. Kami hadir di sini meskipun kami tidak membawa-bawa partai. Yang pasti Go Anies kita dirikan untuk perubahan Indonesia," ujarnya.(han)