Khamenei Minta Warga Iran Tak Risau Meski Heli Presiden Raisi Jatuh

"Kami berharap Tuhan Yang Maha Kuasa akan membawa presiden kita tercinta dan para pendampingnya kembali dalam keadaan sehat dan selamat ke dalam pelukan bangsa," lanjutnya.

May 20, 2024 - 08:31
Khamenei Minta Warga Iran Tak Risau Meski Heli Presiden Raisi Jatuh

NUSADAILY.COM – TEHERAN - Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei meminta warganya tidak perlu khawatir terhadap negara tersebut setelah helikopter yang membawa Presiden Ebrahim Raisi kecelakaan, Minggu (19/5).

"Rakyat Iran tidak perlu khawatir, tidak akan ada gangguan dalam pekerjaan negara," kata Khamenei dalam sebuah pidato yang disiarkan di TV pemerintah, mengutip AFP.

"Kami berharap Tuhan Yang Maha Kuasa akan membawa presiden kita tercinta dan para pendampingnya kembali dalam keadaan sehat dan selamat ke dalam pelukan bangsa," lanjutnya.

Sebelumnya, Helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh, Minggu (19/5). Sampai saat ini belum ada laporan mengenai kondisi Raisi.

Kantor berita Iran, IRNA, melaporkan saat ini kondisi jatuhnya helikopter masih belum diketahui.

Helikopter yang juga membawa Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian itu jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur. Kru darurat sejauh ini tidak dapat menjangkaunya karena kondisi berkabut.

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mohammad Bagheri mengatakan pihaknya sudah berada di lokasi jatuhnya helikopter. Sekitar 20 tim penyelamat dan pesawat tak berawak dikirim ke daerah helikopter itu jatuh.

Raisi dan Amir Abdollahian termasuk di antara sekelompok pejabat yang berada di dalam helikopter yang baru saja kembali dari sebuah upacara peresmian bendungan di perbatasan Iran dengan Azerbaijan, ketika helikopter tersebut "jatuh saat mendarat di wilayah Varzaqan pada hari Minggu," demikian laporan IRNA English, mengutip CNN.

Penduduk setempat mengatakan helikopter tersebut jatuh di daerah Hutan Dizmar antara desa Ozi dan Pir Davood. Penduduk di utara Varzeqan, Provinsi Azerbaijan Timur, mengatakan mereka mendengar suara-suara dari daerah tersebut.

Menteri Dalam Negeri Iran Ahmad Vahidi, mengatakan salah satu helikopter terpaksa melakukan pendaratan darurat karena kondisi cuaca yang berkabut.

"Sekarang kelompok-kelompok penyelamat yang berbeda sedang bergerak menuju area tersebut, tetapi mengingat cuaca yang berkabut dan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan, mungkin akan memakan waktu sampai mereka mencapai lokasi helikopter tersebut," ujar Vahidi.(han)