Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Hadiri Upacara Pemberangkatan Calon Jamaah Haji Kota Malang  

Kantor Kementerian Agama Kota Malang mengadakan upacara pemberangkatan calon jamaah haji Kota Malang tahun 2024 M/1445 H yang dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Mei 2024, di Lapangan Rampal Kota Malang. Acara ini dihadiri oleh berbagai instansi terkait dan tokoh penting, termasuk Polresta Malang, Kodim 0833 Kota Malang, Pj. Walikota Malang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Wakil Ketua PC NU, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang (Galih Priya Kartika Perdhana).

May 18, 2024 - 04:33
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Hadiri Upacara Pemberangkatan Calon Jamaah Haji Kota Malang   
Pemberangkatan Jamaah Hadi di Lapangan Rampal, Kamis (16/5)

Nusadaily.com – Malang - Kantor Kementerian Agama Kota Malang mengadakan upacara pemberangkatan calon jamaah haji Kota Malang tahun 2024 M/1445 H yang dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Mei 2024, di Lapangan Rampal Kota Malang. Acara ini dihadiri oleh berbagai instansi terkait dan tokoh penting, termasuk Polresta Malang, Kodim 0833 Kota Malang, Pj. Walikota Malang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Wakil Ketua PC NU, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang (Galih Priya Kartika Perdhana).

 

Kegiatan ini berlangsung dengan khidmat dan penuh rasa syukur, di mana seluruh pihak terkait memberikan doa dan harapan terbaik bagi para calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah di Tanah Suci. Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersamaan selama menjalankan ibadah haji. Beliau juga mengingatkan para jamaah untuk selalu mematuhi aturan dan petunjuk dari para pembimbing haji demi kelancaran ibadah.

 

Pj Walikota Malang dalam pidatonya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemberangkatan haji ini, serta berharap para jamaah dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan kembali ke tanah air dengan predikat haji yang mabrur. Dukungan dari Polresta Malang dan Kodim 0833 Kota Malang juga sangat signifikan dalam menjaga keamanan dan kelancaran acara ini.

 

Galih Priya Kartika Perdhana menyampaikan bahwa Imigrasi memiliki peran penting dalam hal pelayanan keimigrasian. Dari tahun ke tahun, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang selalu membuat tim khusus pelayanan paspor bagi calon jamaah haji. Tim tersebut akan memberikan pelayanan keimigrasian kepada para calon jamaah haji melalui inovasi jemput bola. Tentunya hal ini sangat memudahkan para calon jamaah haji karena petugas imigrasi yang mendatangi jamaah untuk proses pengambilan biometriknya. Selain itu, Galih Priya Kartika Perdhana juga menyampaikan arahan yang disampaikan oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur bahwa di tahun ini, Direktorat Jenderal Imigrasi memastikan pelaksanaan makkah route untuk pemberangkatan calon jamaah haji berlangsung lancar. Dimana pada tahun 2024, sebanyak 114.186 calon jamaah haji dari bandara keberangkatan Soekarno Hatta-Jakarta, Adi Soemarmo-Solo dan Juanda-Surabaya memperoleh kemudahan fasilitas pemeriksaan keimigrasian pra kedatangan dari otoritas imigrasi Kerajaan Arab Saudi melalui skema Makkah Route. Hal ini merupakan wujud nyata kerjasama yang sangat baik antara otoritas Imigrasi Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi. 

 

Upacara ini menjadi momentum penting bagi para calon jamaah haji Kota Malang untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental sebelum berangkat menuju Tanah Suci. Semoga seluruh jamaah dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan kembali dengan selamat serta membawa berkah bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya.(*)