Kenal Lewat Aplikasi Kencan, Single Mom di Malang Jadi Korban Pencurian

Jun 11, 2024 - 16:41
Kenal Lewat Aplikasi Kencan, Single Mom di Malang Jadi Korban Pencurian
Single Mom asal Sukun Kota Malang berhadapan dengan kenalannya yang menjadi tersangka pencurian dalam rilis di Polres Malang

NUSADAILY.COM - MALANG - Peringatan bagi para Single Mom. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal. Apalagi proses perkenalannya lewat online. Seperti aplikasi kencan Tantan.

 

Seorang Single Mom, bernama Isnanik (42), warga Kecamatan Sukun, Kota Malang ini, menjadi korban. Ia menjadi korban pencurian seorang pria bernama Bobby De Armand, warga Madiun.

 

Mobil Toyota Yaris, warna merah metalik dibawa kabur oleh pria yang baru dikenalnya. Beruntung Polsek Wagir bersama Satreskrim Polres Malang yang mendapat laporan, berhasil mengendus keberadaan pelaku dan mengamankannya.

 

"Tersangka berhasil kami amankan di wilayah Pati, Jawa Tengah berikut dengan barang bukti mobil yang belum sempat terjual," ucap Kasatreskrim Polres Malang, AKP Gandha Syah Hidayat dalam rilis, Selasa (11/6/24).

 

Diceritakan Gandha, kejadian bermula dari perkenalan korban dengan tersangka, pada Mei 2024 lalu. Mereka kenal lewat aplikasi Tantan.

 

Tersangka mengaku bernama Tyas Hayu Utomo. Berstatus duda dan bekerja sebagai pegawai Kantor Pajak Pratama Surabaya. Termasuk juga mengaku sebagai seorang jurnalis sebuah radio.

 

"Untuk meyakinkan korban, tersangka menunjukkan kartu tanda pengenal yang ternyata adalah palsu," ujarnya.

 

Setelah berkomunikasi, pada Jumat tanggal 17 Mei 2024 sekira pukul 10.00 WIB, tersangka datang ke Malang untuk menemui korban. Kemudian Tersangka diajak ke rumah Jerry di Wagir yang merupakan teman korban.

 

"Saat itu, tersangka diminta untuk memanaskan mesin mobil Toyota Yaris Warna Merah Metalik," tuturnya.

 

Masih kata Gandha, sekira pukul 11.00 WIB tersangka diajak oleh korban kerumahnya di Perum Pelita Kebonsari Kebonsari Kecamatan Sukun Kota Malang.

 

Sesampainya di sana, tersangka diminta korban untuk istirahat dirumahnya sambil menunggu korban. Karena korban ada keperluan di daerah Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang hingga pukul 21.00 WIB.

 

Sebelum korban berangkat ke Donomulyo, tersangka melihat korban meletakkan kunci kontak Mobil Toyota Yaris di atas bufet lemari ruang tamu.

 

Kondisi ini memunculkan niat jahat dari tersangka untuk melakukan pencurian. "Tersangka mengambil kunci kontak mobil tersebut dan segera bergegas memesan Ojek Online untuk menuju ke rumah Jerry di Wagir," ungkapnya.

 

Lanjut ia, kemudian tersangka mencuri mobil tersebut dan membawanya ke Sidoarjo. "Korban kemudian melaporkan hal tersebut ke kepolisian. Bersama Polsek Wagir, Polres Malang melakukan penangkapan terhadap tersangka di Hotel Bypass Sidoarjo," terangnya.

 

Tersangka ditangkap karena terekam CCTV dan diketahui oleh petugas. "Saat dilakukan penangkapan, diketahui tersangka membawa mobil tersebut ke Pati Jawa Tengah, kemudian berhasil kami amankan," jelasnya.

 

Menurutnya, tersangka ini dalan menjalankan aksinya selalu menyaru sebagai Petugas Pajak dan karyawan RRI. "Hasil penyidikan, tersangka sudah melakukan hal serupa sebanyak dua kali. Satu TKP lagi berada di Jawa Tengah," terangnya.

 

Atas perbuatan itu, tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Saat rilis tersebut, korban yang merupakan Single Mom ini juga dihadirkan secara langsung. (ap/wan)