Kementerian Kesehatan Haiti Catat Kenaikan Kasus Kematian Kolera

Di negara Karibia Haiti, peningkatan kasus kolera telah tercatat selama beberapa minggu. Memicu kekhawatiran bahwa penyakit menular yang berbahaya akan menyebar.

NUSADAILY.COM – PORT–au–PRINCE - Di negara Karibia Haiti, peningkatan kasus kolera telah tercatat selama beberapa minggu. Memicu kekhawatiran bahwa penyakit menular yang berbahaya akan menyebar.

Melansir dari Blick.ch, Menurut statistik dari Kementerian Kesehatan di Port-au-Prince, yang dapat dilihat AFP pada hari Selasa, 66 kasus kolera yang dikonfirmasi dan 606 kasus yang dicurigai dihitung secara nasional pada hari Senin. Antara 13 dan 17 Oktober saja, 222 kasus baru yang dicurigai ditambahkan.

22 Kematian Akibat Kolera

Kolera adalah infeksi bakteri yang ditularkan melalui air yang mempengaruhi saluran usus dan ditandai dengan gejala seperti muntah, dehidrasi dan kelelahan. Penyakit ini bisa berakibat fatal jika tidak ditangani tepat waktu.

Baca Juga : Arab Saudi Umumkan Perempuan Diizinkan Haji dan Umrah Tanpa Mahram

Sejauh ini, 22 kematian akibat kolera telah dilaporkan, menurut statistik kementerian. Kolera kini juga telah muncul di beberapa wilayah di  tengah Tanah Air Haiti. Penjara di ibukota Port-au-Prince saja, 271 kasus yang dicurigai, dua belas kasus yang dikonfirmasi dan 14 kematian dihitung.

Haiti saat ini sedang diguncang oleh krisis kemanusiaan yang parah dan situasi keamanan yang sepi. Antara lain, geng kriminal menduduki terminal minyak paling penting di negara itu. Pada hari Senin, Dewan Keamanan PBB membahas pengiriman misi bantuan internasional untuk meringankan penderitaan di negara Karibia.

Baca Juga : Miris! Pasangan Remaja di Jerman Tega Bunuh Kedua Orang...

Haiti belum tenang selama bertahun-tahun. Pembunuhan Presiden Jovenel Moïse pada Juli 2021 dan gempa bumi hebat di bulan berikutnya yang menewaskan 2.200 orang semakin memperburuk masalah negara. (jrm2/ros)