Kemendag Bakal Tutup Paksa Toko Online Penjual Minyak Kita, Kenapa?

Minyakita masih ditemukan dijual di platform toko online, bahkan harganya mencapai Rp 17.000 per liter. Kementerian Perdagangan mengatakan akan segera menutup paksa toko online yang masih menjual Minyakita.

Feb 19, 2023 - 21:49
Kemendag Bakal Tutup Paksa Toko Online Penjual Minyak Kita, Kenapa?
Foto: Muhajir Arifin

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Minyakita masih ditemukan dijual di platform toko online, bahkan harganya mencapai Rp 17.000 per liter. Kementerian Perdagangan mengatakan akan segera menutup paksa toko online yang masih menjual Minyakita.

"Kami akan segera ambil tindakan dengan men-takedown penjualan Minyakita tersebut dari lapak online tersebut," kata Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kasan, kepada detikcom, Minggu (19/2/2023).

Kemudian, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti adanya toko yang masih menjual Minyakita secara online ke Satgas Pangan.

"Segera ditindaklanjuti Satgas Pangan," ujarnya.

Hal tersebut disampaikan menanggapi hasil penelusuran detikcom Minggu (19/2/2023). Sampai hari ini masih ditemukan Minyakita dijual secara online platform marketplace. Pertama di platform Blibli, ditemukan satu toko yang masih menjual Minyakita.

Toko online sembako itu menjual di atas HET yakni Rp 17.000 per liter. Padahal HET untuk Minyakita yang ditentukan oleh pemerintah Rp 14.000 per liter. Secara total, Minyakita itu telah terjual 16 buah dan masih bisa dipesan sampai saat ini.

(roi)