Kelebihan Ketentuan Berat Badan, Ini yang Dilakukan Oleh Bintang UFC Amerika

Menimbang berat badan sebelum bertanding adalah tantangan besar bagi banyak seniman bela diri. Terkadang hanya lebih beberapa gram sudah tidak diperbolehkan. Jika berat badan melebihi ketentuan, pertarungan tidak akan terjadi.

Kelebihan Ketentuan Berat Badan, Ini yang Dilakukan Oleh Bintang UFC Amerika
Shanna Young dihitung kelebihan berat badan ketika ditimbang sebelum bertarung. Foto: Getty Images

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Seorang bintang UFC wanita dinyatakan melebihi berat badan saat ditimbang. Tak disangka, ia memotong rambutnya untuk menurunkan beban badannya.

Sebelum pertarungan antara Shanna Young (31) melawan Miranda Maverick (25) di ajang UFC di Las Vegas Sabtu (5/11), Shana Young terpaksa melakukan upaya terakhir mancapai berat badan yang sesuai. Ia memotong rambutnya!

BACA JUGA : Bertemu Manchester United, Xavi Sebut Barcelona Apes

Seperti dilansir Sport Bild, pada penimbangan pertama, Young melebihi batas 126 pound di kelas flyweight, ia menyentuh 1 pound di atas ketentuan.

Dia diberi waktu satu jam untuk menjadi lebih ringan. Biasanya, upaya yang dilakukan untuk menurutnkan berat badan antara lain adalah mengurangi keringat yang berlebihan, misalnya dengan cara sauna.

Upaya itu sudah dilakukan, tetapi untuk Young itu juga belum cukup pada penimbangan kedua. Dia masih melebihi berat, masih 0,25 pound di atas ketentuan.

Jadi apa yang dilakukan Young? Petarung MMA itu memiliki rambut gimbal di bagian belakang kepalanya. Sebagai upaya terakhir, Young memotong rambut gimbalnya tersebut.

Berhasil! Usai rambut gimbalnya dipotong, young memenuhi target pada penimbangan ketiga dan terakhir, tepat menjadi 126 pound.

Rambut gimbal Shanna Young dipotong untuk menurunkan berat badan. Foto Getty Images/@shanimalshannayoung

BACA JUGA : Ronaldo Beli Villa Termahal di Portugal, Mau Pensiun?

Setelah kejadian itu, ia bercanda di Instagram. “Itu menyenangkan hari ini. Turunkan berat badan dan bagi siapa saja yang peduli, sembilan rambut gimbal memiliki berat 0,25 pound.

Jika Young gagal dalam penimbangan, dia kana bergabung dengan barisan atlet yang gagal memenuhi persyaratan berat badan di ajang UFC. Di waktu dan acar yang sama, sebanyak empat petarung gagal dalam sesi timbang berat badan.

Namun, keberhasilan Young hanya diperoleh dalam penimbangan. The Shanimal (julukan Young) kalah dalam pertarungan melawan Miranda Maverick dalam tiga ronde dengan poin akhir 26-30.(jrm1/lal)