Kasus Kematian Akibat Demam di Inggris, Sembilan Anak Meninggal Dunia

Anak-anak di bawah usia 10 tahun sangat terpengaruh oleh kasus demam berdarah yang terjadi musiman ini.

Kasus Kematian Akibat Demam di Inggris, Sembilan Anak Meninggal Dunia
Ilustrasi demam. (iStock)

NUSADAILY.COM – LONDON – Sembilan anak di Inggris dikatakan telah meninggal dunia karena demam berdarah. Otoritas kesehatan setempat yang bertanggung jawab meminta orang tua untuk waspada.

Demam scarlet dianggap sebagai penyakit masa kanak-kanak klasik yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes.

Menurut Institut Robert Koch (RKI), demam berdarah ini adalah salah satu infeksi bakteri paling umum pada anak-anak.

BACA JUGA : Tingkatkan Pasokan Obat, Stok Apotek di Beijing Meningkat...

Karena penyakit ini sangat menular, maka sering ditemukan di taman kanak-kanak atau sekolah, terutama pada musim dingin.

Dilansir dari hna.de, peningkatan kasus demam berdarah saat ini sedang dilaporkan di Inggris.

Anak-anak di bawah usia 10 tahun sangat terpengaruh oleh kasus demam berdarah yang terjadi musiman ini.

The Independent melaporkan, bahwa sembilan anak di bawah usia 10 tahun telah tertular dan meninggal akibat demam berdarah yang langka di Inggris tersebut.

Beberapa hari sebelumnya, UKHSA melaporkan, bahwa lima anak yang didiagnosis dengan terinfeksi demam telah meninggal dalam kurun waktu tujuh hari. Empat anak meninggal pada musim dingin 2017/2018.

“Penyelidikan sedang dilakukan menyusul laporan peningkatan infeksi pada saluran pernapasan pada anak-anak dalam beberapa tahun terakhir,” kata UKHSA dilansir hna.

BACA JUGA : Amerika Serikat dan Rusia Selesaikan Pertukaran Tahanan

“Bakteri biasanya menyebabkan infeksi ringan dengan sakit tenggorokan dan dapat dengan mudah diobati dengan antibiotik,” kata wakil direktur UKHSA.

Infeksi yang parah masih jarang terjadi, namun penting bagi orang tua untuk memperhatikan gejalanya. Sakit tenggorokan atau gangguan pernapasan menunjukkan tanda-tanda yang semakin parah.

Menurut Pusat Pendidkan Kesehatan Negara Jerman, gejala khas demam scarlet meliputi sakit kepala, sakit tenggorokan, kesulitan menelas, menggigil, dan demam yang meningkat dengan cepat.

Selain itu, setelah satu atau dua hari, ruam mungkin akan muncul dan menyebar ke seluruh tubuh meskipus tidak disertai rasa gatal. Lidah tampak seperti raspberry juga merupakan gejala.(jrm1/lal)