Kasus Covid-19 Meningkat, Berlin Berjuang Untuk Persyaratan Masker Secara Nasional

Berlin akan memutuskan persyaratan penggunaan masker di ruang publik tertutup pada pekan depan. Senat Jerman menyetujui hal itu pada rapat senat, Selasa (18, Oktober).

Kasus Covid-19 Meningkat, Berlin Berjuang Untuk Persyaratan Masker Secara Nasional
Ilustrasi masker. Gambar: HUTTERSTOCK/Getty Images

NUSADAILY.COM – BERLIN – Berlin akan memutuskan persyaratan penggunaan masker di ruang publik tertutup pada pekan depan. Senat Jerman menyetujui hal itu pada rapat senat, Selasa (18, Oktober).

Seorang Senator Kauangan Berlin, Daniel Wesener mengatakan sangat prihatin melihat kejadian rawat inap akibat infesi virus corona.

Menurut Wesener, okupansi rumah sakit dengan pasien Covid telah meningkat 30 persen dalam satu minggu terakhir. Berkurangnya staf karyawan rumah sakit akibat infeksi juga meningkat.

Konferensi perdana menteri Jerman dengan Kanselir Olaf Scholz pada 20 Oktober mendatang. Hingga saat itu datang, persiapan lebih lanjut harus dilakukan untuk meningkatkan penerimaan terhadap kemungkinan pembatasan, mengingat kasus infeksi corona di Jerman meningkat pesat.

BACA JUGA: Duh! Malaysia Laporkan 1.210 Kasus Baru Covid-19

Berlin Sedang Berjuang Untuk Peraturan Nasional

Jika memungkinkan, kesepakatan dengan negara bagian federal lainnnya di Jerman, terutama Brandenburg, harus dicapai sebelum pertemuan perdana menteri untuk menghindari tambal sulam baru tindakan corona, yang telah menyebabkan banyak kritikan dalam keputusan masa lalu.

Pada pekan depan, peraturan perlinfungan infeksi yang baru akan diputuskan karena peraturan yang ada akan kedaluwarsa, menurut Wesener. Ordonansi perlindungan infeksi yang baru akan berlaku mulai 29 Oktober.

Senator Ekonomi negara bagian Berlin, Stephan Scwarz, menjelaskan bahwa jika beban pada sistem perawatan kesehatan tetap sama, mereka berasumsi bahwa masker akan menjadi wajib lagi di ritel dan di ruang publik.

“Kami sangat setuju bahwa masker adalah cara yang sangat efektif untuk memerangi pandemi,” kata Schwarz.

Pertanyaannya adalah kapan waktu yang terbaik untuk melawan peyebaran pandemi yang baru(?). Pedagang mengalami kekhawatiran untuk bisnis mereka saat Natal jika tidak segera ditangani.

BACA JUGA: Situasi Corona di Negeri Panzer Semakin Buruk

Senator Kesehatan Berlin Usulkan Pengetatan

Saat ini, persyaratan masker hanya berlaku untuk trnasportasi umum dan layanan kesehatan. Foto: Reto Klar/FUNKE/morgenpost

Dilansir Morgenpost, Senator Kesehatan Berlin, Ulrike Gote mengusulkan pengetatan persyaratan masker pada pekan lalu, yang saat ini hanya berlaku untuk transportasi umum lokal dan sektor kesehatan.

Latar belakang diskusi adalah semakin buruknya situasi corona secara nasional, tak terkecuali di Berlin. Di ibukota, insiden rawat inap adalah rata-rata 21,1 pada hari Selasa (19/10), menurut laporan infeksi Berlin.

Nilai tersebut menunjukkan jumlah rawat inap pasien infeksi corona dalam tujuh hari per 100.000 penduduk. Baru-baru ini nilainya naik, yang disebut zona merah di lalu lintas corona. Okupansi unit perawatan intensif dengan pasien Covid juga meningkat di Berlin.

Dari sudut pandang senator kesehatan, tindakan dini adalah pelajaran dari kesalahan dair tahun-tahun corona terakhir. Gote berpendapat bahwa memakai masker adalah obat yang relatif ringan yang dapat melakukan perlindungan terhadap penyebaran virus. (jrm1)