Kasus COVID-19 Meningkat, Ada Kemungkinan Level PPKM Jelang Nataru Diperketat

Menteri Kesehatan (Menkes) RI mengatakan saat ini Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih berada di level 1.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) RI mengatakan saat ini Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih berada di level 1. Hal ini dikarenakan indikator transmisi jumlah pasien rawat inap dan tingkat kematian akibat COVID-19 masih relatif rendah, meski terjadi kenaikan.

Namun, jika angka kasus harian COVID-19 dan kematian terus meningkat, mungkinkah ada pengetatan PPKM jelang Natal dan Tahun Baru?

BACA JUGA: Waduh, Malaysia Laporkan 3.436 Kasus Baru Positif COVID-19


Menurut Menkes, aturan ini masih tetap dipantau oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku koordinator penanganan COVID-19.

BACA JUGA: Duh! Tak Restui Hubungan Sang Adik, Polwan di Pekanbaru Aniaya Seorang Wanita

"Biasanya ada regular view tiap dua mingguan ya, dari Pak Luhut dan Pak Airlangga," ujar Budi di Gedung Kementerian Kesehatan, Setiabudi, Jakarta Selatan (Jaksel), dikutip dari detikcom Sabtu, 12/11/2022.

Per Jumat, (11/10/2022), kasus COVID-19 RI sudah mencapai 6.247 kasus baru. Selain itu jumlah kematian tertinggi juga ikut melonjak menjadi 46 dari yang sebelumnya 43 pada Rabu, (9/10/2022).Terlebih, saat ini sudah ada subvarian Omicron baru yakni XBB dan XBB.1 yang sudah masuk ke Indonesia.(eky)