Kapal Kargo Turki yang Disandera Bajak Laut, Diselamatkan Pasukan Khusus Italia

Kapal itu adalah Galata Seaways, kapal kargo roll-on roll-off yang dirancang untuk membawa kendaraan. Kapal itu berlayar di bawah bendera Turki dengan 22 awak kapal.

Kapal Kargo Turki yang Disandera Bajak Laut, Diselamatkan Pasukan Khusus Italia
Kapal Kargo Turki

NUSADAILY.COM – ITALIA - Pasukan khusus Italia berhasil menyelamatkan kapal kargo yang berlayar dari Turki ke Prancis. Awak kapal itu sempat diancam oleh bajak laut di lepas pantai Italia.

Dilansir AFP, Sabtu (10/6/2023), Menteri Pertahanan Guido Crosetto mengatakan marinir turun ke kapal dari helikopter setelah sejumlah 'penumpang gelap' menggunakan pisau untuk mengancam awak kapal.

Kementerian tersebut mengatakan kepada AFP bahwa penyerang tampaknya adalah migran, meskipun kewarganegaraan mereka tidak diketahui.

Kapal itu adalah Galata Seaways, kapal kargo roll-on roll-off yang dirancang untuk membawa kendaraan. Kapal itu berlayar di bawah bendera Turki dengan 22 awak kapal.

Kapal itu berangkat dari Topcular di Turki pada 7 Juni dan menuju Sete di Prancis selatan.

Sementara itu, Harian Repubblica melaporkan sekitar 15 penumpang gelap telah menaiki kapal di Turki, dengan harapan mencapai Eropa. Akan tetapi mereka ditemukan oleh awak kapal.

"Para migran mencoba menyandera beberapa awak di dalam jembatan," kata kantor berita ANSA.

Drama terungkap saat kapal -- dengan panjang sekitar 200 meter dan lebar 20 meter -- berlayar di perairan Italia, dekat pulau Ischia.

Kapten kapal berhasil menghubungi radio untuk meminta bantuan. Dia mengirimkan permintaan mendesak ke Ankara, yang kemudian memberi tahu pihak berwenang Italia.

Repubblica melaporkan setelah pasukan khusus menyerbu kapal, beberapa penumpang gelap ditangkap tetapi yang lain 'membarikade diri mereka sendiri di dalam palka'.

"Kapal itu sangat besar dan tidak sulit untuk bersembunyi," kata menteri Crosetto dalam sebuah acara televisi.

"Ketika mereka mendengar helikopter, (beberapa penumpang gelap) lari, kemudian mungkin mencoba melarikan diri lewat laut dalam kegelapan," katanya.

"Namun, kapal itu dikepung. Kita akan lihat dalam beberapa jam ke depan siapa perompak itu dan apa yang ingin mereka lakukan," katanya.

"(Marinir Italia) harus mengambil kendali kapal, dan mereka melakukannya dalam waktu yang sangat singkat," katanya, seraya menambahkan bahwa awaknya aman.

Kapal penjaga pantai dan polisi keuangan juga terlibat dalam operasi itu. Kapal kargo itu dikawal menuju Naples dan berlabuh di luar pelabuhan, di mana ada banyak polisi.(han)