Kantor Kementerian di IKN Nusantara Mulai Dibangun

"Terdapat sejumlah titik yang kami tinjau tahapan pembangunannya terutama di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Proyek yang sedang berjalan di KIPP adalah pengembangan lahan yang dilakukan dengan dua tahapan," ujarnya melalui unggahan Instagram pribadinya @suharsomonoarfa yang dikutip pada Rabu (25/1).

Kantor Kementerian di IKN Nusantara Mulai Dibangun
Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan sejumlah gedung kementerian mulai dibangun di IKN Nusantara. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga).

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan saat ini pembangunan gedung sejumlah kementerian mulai dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal ini disampaikan Suharso saat melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan IKN di Kalimantan Timur pada pekan lalu.

"Terdapat sejumlah titik yang kami tinjau tahapan pembangunannya terutama di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Proyek yang sedang berjalan di KIPP adalah pengembangan lahan yang dilakukan dengan dua tahapan," ujarnya melalui unggahan Instagram pribadinya @suharsomonoarfa yang dikutip pada Rabu (25/1).

Suharso menjelaskan ada delapan titip pembangunan yang tengah dilakukan di KIPP dan memang menjadi fokus utama.

BACA JUGA : Kadin Indonesia Pamerkan IKN di WEF Swiss

Adapun titik pembangunan tersebut meliputi pembangunan istana negara hingga kantor Menteri Koordinator negara seperti Luhut Binsar Panjaitan dan Airlangga Hartarto. Berikut rincian yang dibangun:

1. Hunian Pekerja Konstruksi
2. Gedung Kementerian Koordinator 1
3. Gedung Kementerian Koordinator 2
4. Gedung Kementerian Koordinator 3
5. Gedung Kementerian Koordinator 4
6. Istana Negara dan Lapangan Upacara
7. Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap 1
8. Rumah Tapak Jabatan.

Ia menjelaskan untuk gedung Istana Negara dan lapangan upacara disebutkan telah mulai dibangun oleh PT Wijaya Karya sejak November 2022 dan ditargetkan selesai pada Oktober 2024.

Sedangkan, pembangunan gedung dan kawasan kantor kementerian koordinator 1 telah dimulai pembangunannya sejak Desember 2022 dan ditargetkan selesai juga pada Oktober 2024

"Proyek ini telah dijalankan oleh PT Wijaya Karya Bangunan Gedung. Lingkup pekerjaan berupa bangunan gedung kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, infrastruktur dan penataan Kawasan," jelasnya.

BACA JUGA : Proyek Jalan Lingkar Sepaku Sudah Rampung 5,7 KM

Kemudian, untuk pembangunan gedung dan kawasan kantor kementerian koordinator 2 akan dimulai pada Januari 2023 dan ditargetkan selesai pada Oktober 2024. Proyek ini nantinya dijalankan oleh PT Ciriajasa Engineering Consultants.

"Lingkup pekerjaan berupa bangunan gedung kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, infrastruktur dan penataan kawasan," imbuhnya.

Selanjutnya, pembangunan gedung dan Kawasan kantor kementerian koordinator 3 juga telah dimulai sejak Desember 2022 dan ditargetkan selesai pada Desember 2024. Proyek ini dikerjakan oleh PT Virama Karya.

"Lingkup pekerjaan berupa bangunan gedung kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan HAM, infrastruktur dan penataan Kawasan," pungkas Suharso.(lal)