Kang Suyat: Jika Rakyat Menghendaki, Saya Siap Maju Pilkada Magetan 2024

"Sekarang ini saya fokus menyapa rakyat, apa tanggapannya. Biarlah diukur lewat metode survei," ujar Kang Suyat.

Jun 13, 2024 - 21:11
Kang Suyat: Jika Rakyat Menghendaki, Saya Siap Maju Pilkada Magetan 2024
Suyatni Prihasmoro (Kang Suyat) anggota DPRD Jatim dari Partai Nasdem siap maju Pilkada Magetan jika rakyat menghendaki. Nusadaily/ Riyanto.

Magetan, Nusadaily.com - Di tengah ramainya pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada Magetan 2024, Suyatni Priasmoro, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kang Suyat, tampil dengan pendekatan yang berbeda. Mantan calon Bupati Magetan pada Pilkada 2018 ini lebih memilih untuk bekerja meminta restu langsung dari rakyat.

Kang Suyat telah memasang ribuan spanduk, ratusan ribu brosur dan puluhan ribu kaos yang berisi visi dan misi. Spanduk dapat dijumpai diberbagai tempat strategis, mulai dari desa hingga kota. Salah satunya spanduk besar di Jalan Wilis, Kelurahan Bulukerto, Kecamatan/Kabupaten Magetan.

Spanduk tersebut mencolok dengan pengumuman programnya yang beranggaran besar: “Wani Berubah Magetan Sejahtera, Rp 500 juta sampai dengan Rp 1 miliar tiap desa tiap tahun, Cabup Magetan Kang Suyat”.

Dalam wawancaranya di Warung Eropa, Jalan Semeru pada Jumat (14/6/2024), Kang Suyat menegaskan niatnya untuk kembali memperkenalkan visi dan misinya kepada masyarakat. 

“Barangkali lupa lantaran disibukkan dengan dinamika politik saat ini. Saya sudah lama tidak bertemu dengan rakyat," ujarnya.

Meski tidak terburu-buru mencari pendamping atau mendaftar sebagai bakal calon bupati melalui partai politik, Kang Suyat memilih untuk fokus menggalang dukungan dan restu dari masyarakat. 

"Jika rakyat menghendaki, saya akan berkomunikasi dengan partai politik. Semua akan diukur melalui survei pada akhir Juni, sambil menyelesaikan pengabdian saya sebagai wakil rakyat di DPRD Jatim," tuturnya.

Salah satu program unggulan yang ditawarkannya adalah alokasi anggaran desa sebesar Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar setiap tahun. Bantuan Rp 5 juta per RT, Rp 50 juta per dusun, Rp 5 juta per UMKM, dana ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga.

"Dana tersebut bisa direalisasikan untuk beasiswa pendidikan, serta tunjangan bagi guru yang mengajar di pegunungan," jelasnya.

Dengan pendekatan langsung dan program-program yang konkret, Kang Suyat berharap dapat kembali meraih kepercayaan rakyat dan memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan masyarakat Magetan. 

"Sekarang ini saya fokus menyapa rakyat, apa tanggapannya. Biarlah diukur lewat metode survei. Insallah akhir Juni ini akan saya sampaikan. Kalau respons rakyat baik dalam radar survei tersebut, saya akan maju dalam kontestasi pilkada Magetan. Bila rakyat berpendapat tidak, ya tidak maju," pungkasnya.

Kini, masyarakat Magetan menantikan langkah selanjutnya dari Kang Suyat, apakah dukungan dan restu rakyat akan mengantarkannya kembali ke panggung Pilkada 2024. (nto).