Kanada Resmi Larang Penjualan-Pembelian Senjata Api Secara Nasional Sejak 21 Oktober

Kanada secara resmi menerapkan larangan penjualan, pembelian, dan pemindahan senjata api secara nasional sejak 21 Oktober.

NUSADAILY.COM-KANNADA- Kanada secara resmi menerapkan larangan penjualan, pembelian, dan pemindahan senjata api secara nasional sejak 21 Oktober.

Melansir chinanews.com, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan larangan tersebut di Metro Vancouver. Dia mengatakan pejabat Kanada akan terus melakukan segala yang mereka bisa untuk menjauhkan senjata dari masyarakat.

BACA JUGA: Hmm... Rupiah Terjun Bebas ke Rp15.500 Sore Ini, Terlemah...

Di bawah larangan baru, yang berlaku segera, orang tidak dapat membeli, menjual, atau mentransfer pistol di Kanada, mereka juga tidak dapat membawa pistol yang baru dibeli ke Kanada.

Sejumlah kecil objek dikecualikan, seperti penembak profesional dan mereka yang pekerjaan hukumnya diharuskan membawa senjata api, serta bisnis atau institusi berlisensi seperti produsen senjata api, industri film dan televisi, dan museum.

Ini adalah bagian dari rencana komprehensif pemerintah federal untuk mengatasi kekerasan senjata. Para pejabat mengatakan pihak berwenang memberlakukan tindakan pengendalian senjata terkuat dalam lebih dari 40 tahun.

Pada Mei 2020, pemerintah Kanada menempatkan sekitar 1.500 jenis senjata api serbu dalam daftar kontrol kategori "terlarang", artinya tidak boleh digunakan, dijual, atau diimpor.

Pejabat Kanada mengatakan bahwa dalam sebagian besar kejahatan terkait senjata, pistol adalah senjata pilihan. Dari 2009 hingga 2020, pistol digunakan dalam 59% kejahatan kekerasan yang melibatkan senjata di negara tersebut. Jumlah pistol yang dimiliki oleh orang Kanada sekarang 70% lebih tinggi dari tahun 2010.

BACA JUGA: Kejagung Sita 1 Rumah Milik Arifin Wiguna Tersangka Korupsi Satelit Kemhan

Pemerintah Kanada mengatakan telah menghabiskan hampir $ 1 miliar sejak 2016 untuk mengatasi kekerasan senjata, termasuk mencegah senjata jatuh ke tangan penjahat dan meningkatkan upaya memerangi penyelundupan senjata melintasi perbatasan. Badan Layanan Perbatasan Kanada memiliki rekor jumlah senjata api yang disita pada tahun 2021.(mdr3)