Kanada Minta Tiga Perusahaan China Tarik Investasi di Mineral Kanada, Begini Respon Kemendag

Pada 6 November, juru bicara Kementerian Perdagangan menjawab pertanyaan wartawan tentang permintaan Kanada agar tiga perusahaan China menarik diri dari investasi di mineral Kanada.

NUSADAILY.COM - BEIJING - Pada 6 November, juru bicara Kementerian Perdagangan menjawab pertanyaan wartawan tentang permintaan Kanada agar tiga perusahaan China menarik diri dari investasi di mineral Kanada.

Komentar Kemendag mengenai pernyataan yang dikeluarkan pihak Kanada

China telah mencatat situasi yang relevan. China dengan tegas menentang tindakan Kanada untuk mengganggu dan memblokir kerja sama bisnis normal antara perusahaan China dan Kanada atas nama keamanan nasional.

BACA JUGA : Miris, Anjing Kereta Luncur di Inggris Gigit Bayi Usia...

Baik Cina maupun Kanada merupakan mata rantai penting dalam rantai pasokan mineral global. Investasi perusahaan Cina di bidang mineral Kanada adalah perilaku bisnis yang sepenuhnya didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi pasar dan kebutuhan pengembangan perusahaan. 

Pihak Kanada menggeneralisasikan konsep keamanan nasional, membuat hambatan secara artifisial, melanggar aturan pasar, merusak kepentingan komersial perusahaan China dan Kanada yang relevan, melemahkan kepercayaan investor global terhadap lingkungan investasi Kanada, dan tidak kondusif bagi pengembangan industri Kanada dan stabilitas rantai pasokan mineral global.

BACA JUGA : Helikopter Keluarga Turis Kecelakaan di Italia, Tujuh Orang...

Pihak Kementerian Perdagangan mendesak pihak Kanada untuk menanggapi kekhawatiran China dengan serius, berhenti mempolitisasi masalah ekonomi dan perdagangan, dan menciptakan lingkungan bisnis yang adil, transparan, dan tidak diskriminatif bagi investor dari semua negara, termasuk China. 

China akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk secara tegas melindungi hak dan kepentingan sah perusahaan China.(mdr2/lal)