Kaesang Tidak Hanya Tertarik Untuk Terjun ke Dunia Politik Terungkap Ingin Berkontestasi Pilkada

"Eksekutif (maju), kui wis tak bocori kui. Iya saja juga bingung, bingung dan agak syok," katanya usai groundbreaking Museum Sains dan Teknologi di Pedaringan

Kaesang Tidak Hanya Tertarik Untuk Terjun ke Dunia Politik Terungkap Ingin Berkontestasi Pilkada
Kaesang Tidak Hanya Tertarik Untuk Terjun ke Dunia Politik Terungkap Ingin Berkontestasi Pilkada

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, ternyata tidak hanya tertarik untuk terjun ke dunia politik. Terungkap kabar baru kalau Kaesang ingin ikut berkontestasi di pemilihan kepala daerah (pilkada).
Kabar tersebut dibocorkan oleh sang kakak Gibran Rakabuming Raka. Wali Kota Solo ini mengungkap Kaesang berencana ingin maju sebagai eksekutif.

"Eksekutif (maju), kui wis tak bocori kui. Iya saja juga bingung, bingung dan agak syok," katanya usai groundbreaking Museum Sains dan Teknologi di Pedaringan, Solo, Rabu (25/1/2023) dilansir dari detik.com.

BACA JUGA : 179 Ribu Orang Terdeteksi Sudah Suntik Vaksin Booster Kedua

Gibran pun mengingatkan Kaesang untuk membangun karier politik dari level bawah. Gibran mengatakan Kaesang berkeinginan maju sebagai eksekutif atau kepala daerah.

"Ya dari level bawah dulu, mosok langsung Presiden. Bukan DPR, eksekutif," ungkapnya.
Lantas apakah Kaesang bakal menggantikan Gibran memimpin Kota Solo? Terkait hal ini, Gibran meminta untuk ditanyakan langsung ke Kaesang.

"Yo ora ngerti, takono Kaesang, kui lho sing penting aku wis merestui," kata Gibran.

Gibran pun tidak takut Kaesang menjadi pesaingnya di dunia politik. Gibran meyakini dirinya bakal berada di tingkat lebih tinggi dari Kaesang.

"Akui pasti ndisiki munggah (Saya pasti mendahului naik jabatan)," ujarnya.
Putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengatakan Kaesang mempunyai portofio yang bagus untuk modal maju sebagai kepala daerah. Gibran pun mendoakan Kaesang yang terbaik.

"Intinya saya mendoakan yang terbaik untuk Kaesang ya. Nanti penilaian warga seperti apa ya silahkan. Tapi sekali lagi, Kaesang itu sudah pernah saya kasih tugas dan berjalan dengan baik. Persis, itu contone, itu potrfolione Kaesang," pungkasnya.

Pesan Gibran Jika Kaesang Ingin Maju di Pilkada Solo
Gibran memberikan syarat kepada Kaesang jika ingin maju Wali Kota Solo. Dia menyarankan Kaesang untuk sowan ke Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Ruyatmo.

"Kalau Solo (Pilkada) Kaesang kon sowan Pak Rudy (Ketua DPC PDIP) sik no. Lho penak to," kata Gibran.

Gibran mengaku tak akan mempertemukan Kaesang dengan FX Rudy. Gibran meminta Kaesang usaha sendiri.

BACA JUGA : Belasan Rumah di Cipete Utara Dilalap Si Jago Mareh

Sementara itu, ketika ditanya soal partai yang bakal jadi kendaraan Kaesang, Gibran mengaku tak akan ikut campur. Gibran menyerahkan keputusan itu di tangan sang adik.

"Kaesang aja yang memutuskan ya, beda partai boleh, sama juga boleh, independen boleh," ucapnya.
Gibran tidak merekomendasikan partai apapun. Menurutnya, semua partai bagus.

"(Rekomendasi partai) Semua bagus, tergantung dia (Kaesang) mengko milih kota opo ya," terang Gibran.

Keasang Dinilai Jadi Suksesor di Solo, Gibran ke DKI atau Jateng
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Kaesang disiapkan untuk menjadi suksesor di Solo menggantikan Gibran. Sementara Gibran dinilai akan ke Pilgun DKI atau Jawa Tengah.

"Kalau membaca konteksnya, pastinya Kaesang dibaca untuk menggantikan Gibran yang akan ikut tanding Pilgub 2024 mendatang. Jika Gibran ke Jateng atau Jakarta misalnya, maka Kaesang suksesornya di Solo," kata Adi kepada wartawan, Rabu (25/1/2023).

"Begitu cara orang awam membaca kemungkinan langkah Kaesang ke politik. Tak perlu canggih-canggih amat membaca gestur politik Kaesang,"
Adi mengatakan munculnya niat Kaesang terjun ke politik bukan secara ujug-ujug ataupun tanpa alasan. Hal itu bagian dari adanya persiapan Gibran menuju Pilgub.

"Runutan Kaesang tiba-tiba mau terjun ke politik tak lahir dalam ruang hampa. Tapi bagian dari rentetan peristiwa politik saat Gibran menyatakan siap maju pilgub di 2024. Gibran ke provinsi maka Kaesang di Solo yang meneruskan perjuangan politiknya," ujarnya.

Adi menilai saat ini lah waktu yang tepat Kaesang terjun ke politik. Selagi adanya respons baik dari publik, langkah politik Kaesang akan berjalan dengan mudah.

"Ini saat yang tepat bagi Kaesang nyemplung ke politik. Mumpung seluruh semesta merespon baik dan mendukung. Jalan ke arah pilkada terbentang lebar dan mudah. Sebab, momen semacam ini tak mungkin terulang dua kali. Apalagi jika sudah tak lagi jadi anak presiden, aura dan pamornya perlahan redup," ujarnya.(ris)