Kaesang Jalani Proses Siraman di Kediaman Pribadi Jokowi

Kaesang Pangarep mulai menjalani prosesi siraman di kediaman pribadi Presiden Joko Widodo di kawasan Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, sekitar pukul 8.00 WIB.

Kaesang Jalani Proses Siraman di Kediaman Pribadi Jokowi
Kaesang Pangarep mulai menjalani proses siraman di kediaman pribadi Presiden Joko Widodo di kawasan Banjasari, Solo.

NUSADAILY.COM - SOLO - Kaesang Pangarep mulai menjalani prosesi siraman di kediaman pribadi Presiden Joko Widodo di kawasan Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, sekitar pukul 8.00 WIB.

Acara tersebut dilangsungkan secara tertutup hanya untuk keluarga, kerabat, dan sejumlah undangan.

Prosesi siraman ini sebelumnya diawali dengan pemasangan bleketepe di depan rumah. Pemasangan bleketepe di kediaman calon mempelai menjadi simbol dari penyucian lokasi.

Selain itu, bleketepe ini juga memiliki makna untuk tolak bala. Dengan adanya bleketepe itu, diharapkan sepanjang upacara pernikahan itu berjalan lancar dan terhindar dari hal jahat. Itu juga penanda bahwa di rumah itu akan ada hajatan besar.

Setelah itu, akan ada agenda sungkeman yang dilakukan oleh Kaesang terhadap kedua orang tuanya sebagai tanda terima kasih atas pengasuhan selama ini dan memohon doa restu.

BACA JUGA : Kaesang Pangarep dan Erina Jalani Siraman – Midodareni...

Kaesang Pangarep menggunakan bawahan batik cinde dalam prosesi siraman kali ini. Motif batik ini bermakna hidup yang berkesinambungan dan seimbang.

Tampak di sekitar lokasi, ada Gibran Rakabuming bersama istrinya, Selvie Ananda. Kemudian ada Kahiyang Ayu bersama suaminya, Bobby Nasution. Selain itu ada adik Presiden Jokowi, Idayati, bersama suaminya, Anwar Usman.

Tamu-tamu undangan mulai berdatangan sekitar pukul 07.00 WIB. Tampak beberapa mobil pejabat tinggi negara yang memasuki kawasan rumah pribadi Jokowi.

Di antaranya mobil berplat nomor RI 13 milik Ketua OJK Mahendra Siregar, RI 14 milik Mensesneg Pratikno, RI 17 milik Muhadjir Effendy, RI 22 milik Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Kemudian, tampak pula Menkomarves, Luhut Binsar Panjaitan.

Semua tamu undangan mengenakan beskap dan kebaya yang merupakan baju adat Jawa.

BACA JUGA : Pengamanan di DIY Jelang Pernikahan Kaesang Lebih Diperketat...

Menurut pantauan di sekitar lokasi, depan gang kawasan rumah pribadi Jokowi sudah dihiasi sepasang penjor dari janur yang menandakan adanya hajatan di jalan tersebut.

Sementara di depan kediaman Jokowi, terdapat beberapa hiasan dari janur digantung di atas pegola yang menaungi jalan.

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan berlangsung di dua kota, Yogyakarta sebagai rumah dari calon mempelai perempuan, dan Solo sebagai rumah dari calon mempelai pria.

Kakak Erina, Allen Adam Rinaldy Gudono, akan menjadi wali nikah. Sementara itu, saksi pernikahan mereka adalah Mensesneg Pratikno untuk pihak Erina dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk pihak Kaesang.

Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin akan berlaku sebagai khatib nikah Kaesang dan Erina. KUA Kecamatan Depok, Sleman juga dilibatkan dalam pernikahan tersebut.

Kaesang sebelumnya juga telah mengungkapkan bahwa ia menyiapkan mahar berupa seperangkat alat salat serta uang tunai Rp300 ribu.(lal)