Kaesang Dinilai Bakal Masuk Politik Lewat PDIP, Faktor Jokowi-Gibran

Terkait parpol apa yang nantinya akan dipilih Kaesang, menurut Hensat, Kaesang akan ikut pada partai yang juga menaungi Jokowi dan Gibran. Sebab menurutnya PDIP yang telah mendukung Jokowi dan Gibran hingga menjadi pemimpin

Kaesang Dinilai Bakal Masuk Politik Lewat PDIP, Faktor Jokowi-Gibran
Kaesang Dinilai Bakal Masuk Politik Lewat PDIP, Faktor Jokowi-Gibran

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dikabarkan tertarik untuk masuk politik. Lantas partai mana yang nantinya akan menjadi pelabuhan politik Kaesang?
Founder lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio atau Hensat mengaku tidak kaget dengan ketertarikan Kaesang masuk dunia politik. Hensat menilai Kaesang sudah mengetahui kehidupan politik dari ayah, kakak, hingga kakak iparnya.

"Nggak aneh kalau Kaesang tertarik masuk politik. Bapaknya presiden, kakak pertama itu Wali kota Solo, kaka iparnya Walikota Medan. Justru aneh kalau dia nggak tertarik ke politik. Jadi menurut saya bukan hal yang mengagetkan ya kalau Pak Jokowi dan Mas Gibran kaget saya sih nggak kaget, malah ya udah ketebak. Apalagi dia sudah mengetahui bagaimana kehidupan kakanya, kaka iparnya, termasuk presiden," ujar Hensat saat dihubungi, Selasa (24/1/2023).

BACA JUGA : Kecelakaan Beruntun di Tol Bekasi Timur Arah Jakarta, Kemacetan...

Terkait parpol apa yang nantinya akan dipilih Kaesang, menurut Hensat, Kaesang akan ikut pada partai yang juga menaungi Jokowi dan Gibran. Sebab menurutnya PDIP yang telah mendukung Jokowi dan Gibran hingga menjadi pemimpin.

"Kalau ditanya soal apa partai politiknya, emangnya Pak Jokowi dan Mas Gibran memperbolehkan Kaesang masuk ke partai selain PDI Perjuangan? Menurut saya sih kriterianya bukan tentang cocok atau tidak, keluarga Pak Jokowi itu yang ngangkat PDI Perjuangan, yang bantu naik itu Megawati Soekarnoputri masa iya mau masuk partai yang lain, nggak," tuturnya.

Selain itu, dia juga menilai Kaesang dapat memulai karirnya dengan masuk menjadi anggota DPRD maupun DPR. Menurutnya, saat ini Kaesang mendapatkan momen yang pas untuk maju dan mendapatkan dukungan.

"Jadi kalau Kaesang mau masuk partai politik masuk lah, yang paling deket apa? DPRD atau DPR, itu paling deket tuh Pileg. Nanti kalau lolos ke Pileg bisa aja nyambung ke Pilkada, Pilkada aja baru November," kata Hensat.

"Ini kalau menurut saya momentum lah buat Mas Kaesang, karena secara momentum politik ini tepat, bapaknya masih menjabat sebagai presiden kakanya jadi walikota, jadi secara momentum tepat, dan relawan Pak Jokowi juga pasti dukung," sambungnya.

Diketahui sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan adik bungsunya, Kaesang Pangarep, tertarik terjun ke dunia politik. Gibran mengatakan Kaesang bicara tertarik masuk politik di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA : Ferdy Sambo Meminta Dibebaskan dari Tuntutan Pidana Seumur...

"Mungkin kemarin yang kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Kaesang kemarin, aku yo kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke saya, ke bapak, ada ketertarikan di politik," kata Gibran dilansir detikJateng, Selasa (24/1/2023).

Gibran mengaku tidak tahu langkah yang akan diambil sang adik, apakah akan melenggang di Pemilu 2024 nanti atau tidak. "Nggak tahu (2024) ya kan saya baru dengar kemarin," ujarnya.

Kata Gibran, Jokowi kaget mendengar pernyataan dari Kaesang itu. Gibran menegaskan bahwa biasanya Kaesang tidak pernah membahas mengenai politik.

Menurut Gibran, Kaesang masih melakukan penjajakan dan masih tanya-tanya ke dirinya dan Presiden Jokowi.

"Ya intinya masih tanya-tanya, tapi memang kemarin dirinya menyatakan pengin gitu. Kan kemarin kita ajak juga ke Solo Safari, Solo Trecknopark, Ngarsopuro, ternyata bisa gitu," bebernya.(ris)