Kader PAN Mayoritas Jatuhkan Dukungan ke Ganjar Pranowo dan Erick Thohir

Dukungan terhadap Ganjar Pranowo dan Erick Thohir terus menguat. Salah satunya mayoritas kader Partai Amanat Nasional (PAN)

Kader PAN Mayoritas Jatuhkan Dukungan ke  Ganjar Pranowo dan Erick Thohir
Ganjar dan Erick Thohir. (foto: medcom.id)

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Dukungan terhadap Ganjar Pranowo dan Erick Thohir terus menguat.  Salah satunya mayoritas kader Partai Amanat Nasional (PAN) disebut memilih Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk diusung pada pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang. Kedua nama tersebut makin gencar disuarakan seiring waktu oleh DPP dan DPD mendekati kontestasi demokrasi.

Dilansir dari medcom.id, Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN, Yandri Susanto mengatakan  jika dilihat secara mayoritas dan kecenderungan itu Ganjar sama Erick. Itu kan atas pemantauan saya sebagai pemenangan pemilu, beberapa kali kunjungan ke daerah, berapa kali DPD datang ke Jakarta. “Kecenderungannya itu," kata Yandri, Rabu, 25 Januari 2023 dilansir.

Selain mana nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir, Yandri mengatakan para kader PAN juga menginginkan Ketum PAN Zulkifli Hasan untuk maju di pilpres 2024. Ia mengatakan hingga saat ini, PAN masih terbuka dengan nama-nama yang akan diusulkan oleh para kader di seluruh wilayah Indonesia.

 

 “Di situ ada Ganjar ada Erick yang menguat di internal partai. Tentu ketua umum pasti nomor satu, yang lain berpeluang juga karena masih dinamis," ujar Yandri.

 

Seperti diketahui, nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir dinilai potensial untuk pilpres 2024. Dua nama itu juga konsisten memuncaki perolehan elektabilitas sebagai capres maupun cawapres dari berbagai lembaga survei.

 

Bahkan berdasarkan data survei terbaru dari Algoritma, nama Ganjar Pranowo terkuat sebagai capres. Ia terekam memiliki elektabilitas sebesar 33,0 persen dalam simulasi tiga nama capres mengalahkan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

 

Ketika dipasangkan dengan Erick Thohir, keduanya juga unggul dalam dua simulasi pilpres mengalahkan Anies-AHY dan Prabowo-Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas sebesar 33,9 persen. Sedangkan ketika dihadapkan dengan pasangan Anies-Khofifah dan Prabowo-Airlangga, Ganjar-Erick tetap unggul dengan elektabilitas sebesar 34,5 persen.(*)