Jubir Anies-Cak Imin Sebut akan Rebut Ceruk Suara Sudirman Said di Pilgub Jateng

Surya menargetkan Anies-Cak Imin dapat memperoleh suara maksimal di Jateng. Namun, ia tak menargetkan jumlah suara yang muluk-muluk. "Mungkin Jateng 50:50," ujarnya.

Nov 3, 2023 - 15:27
Jubir Anies-Cak Imin Sebut akan Rebut Ceruk Suara Sudirman Said di Pilgub Jateng

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Surya Tjandra, Juru Bicara bakal capres Anies Baswedan, mengatakan pihaknya akan menjaring suara pemilih pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah di Pilkada Jawa Tengah 2018 lalu untuk mendongkrak pasangan Anies-Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024.

"Kan ada Pak Sudirman Said. Beliau waktu Pilgub dapat 40-an [persen] lebih pas Pilgub, ini juga dijaring," kata Surya di Kantor CSIS, Jakarta, Kamis (2/11).

Pasangan Sudirman-Ida yang diusung Gerindra, PKB, PKS, PAN di Pilgub Jateng 2018 lalu sempat mendapatkan 7.267.993 suara atau 41,22 persen. Mereka kalah dari pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin yang diusung PDIP, PPP, Demokrat, dan NasDem dengan 10.362.694 suara atau 58,78 persen di Pilgub Jateng.

Surya menargetkan Anies-Cak Imin dapat memperoleh suara maksimal di Jateng. Namun, ia tak menargetkan jumlah suara yang muluk-muluk.

"Mungkin Jateng 50:50," ujarnya.

Lebih lanjut, Surya optimistis pasangan Anies-Cak Imin meraup suara maksimal di Pulau Jawa. Ia memperkirakan dapat unggul di daerah Banten, Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

"Bagusnya Jatim karena ada Cak Imin dan secara tradisional cukup dekat, terus Jabar, Banten, saya juga nyaleg di Jakarta," katanya.

Pasangan Anies-Muhaimin kini diusung oleh koalisi NasDem, PKB, dan PKS di Pilpres 2024. Mereka telah mendaftarkan ke KPU pada 19 Oktober lalu.(han)