Jual Izin Tinggal dan Paspor Palsu Bagi Penyelundup, Karyawan Kantor Imigrasi di Cologne Ditangkap

Selama tindakan polisi terhadap tersangka penyelundup, tiga orang telah ditangkap di North Rhine-Westphalia. Ini termasuk seorang karyawan Kantor Imigrasi Cologne.

NUSADAILY.COM – COLOGNE - Selama tindakan polisi terhadap tersangka penyelundup, tiga orang telah ditangkap di North Rhine-Westphalia. Ini termasuk seorang karyawan Kantor Imigrasi Cologne. Dia diduga telah menjual izin tinggal dan paspor palsu kepada sekelompok tersangka penyelundup.

Melansir wdr.de, selain salah satu karyawan kantor imigrasi, ada dua tersangka juga ditangkap. Sekitar 250 petugas menggeledah apartemen dan kantor dari total sebelas tersangka di daerah Cologne, Gelsenkirchen dan Limburg pada hari Kamis.

Setelah penggeledehan itu, surat perintah penangkapan dikeluarkan untuk tiga orang yang ditangkap.

BACA JUGA : Abaikan Peringatan Rusia, Sekjen NATO Bakal Adakan Latihan Pencegahan Nuklir Rutin Tahunan

Polisi Federal Sedang Menyelidiki Sebelas Tersangka

Pegawai kantor imigrasi Cologne dikatakan telah mengeluarkan sertifikat dan paspor palsu yang diperlukan agar orang dapat meninggalkan negara itu untuk mengajukan suaka di Jerman. Dia meninggalkan dokumen untuk tersangka lain dengan meminta sejumlah bayaran.

Selain itu, polisi federal sedang menyelidiki total sebelas tersangka yang dikatakan telah menjual dokumen identitas yang dikeluarkan secara ilegal kepada orang-orang di luar negeri, terutama Suriah. Beberapa ribu euro dikatakan telah dibayarkan untuk setiap penyelundupan. Polisi federal sedang menyelidiki total ada 26 kasus.

BACA JUGA : Ketika Krisis Mendera Inggris, Perempuan Kerja Sampingan...

12.000 Euro dan 50 Ponsel Disita

Beberapa dokumen dikatakan telah diserahkan langsung kepada pembeli oleh perantara di luar negeri sehingga mereka dapat menunjukkan dokumen ketika meninggalkan negara asalnya. Hal itu yang membuktikan dugaan hak tinggal mereka di Jerman. Surat-surat identitas dikatakan telah dibuang sebelum memasuki Jerman untuk dapat mengajukan suaka di Jerman.

Dalam penggeledahan tersebut, uang tunai sekitar 12.000 euro, 50 ponsel, beberapa operator data, laptop dan komputer serta sejumlah dokumen edisita. Total ada sekitar 250 petugas polisi federal yang bertugas. Investigasi oleh jaksa penuntut umum Cologne dan polisi federal sedang berlangsung.(jrm3/lal)