Jokowi Usung Konsep Smart City and Smart Living di IKN Baru, Apa Itu?

Pemerintah melalui Presiden Jokowi telah mengumumkan rencana penggunaan transportasi umum dan pribadi di Ibu Kota Negara (IKN) baru yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Pemerintah melalui Presiden Jokowi telah mengumumkan rencana penggunaan transportasi umum dan pribadi di Ibu Kota Negara (IKN) baru yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Presiden Jokowi memastikan, hanya kendaraan listrik saja yang boleh digunakan di sana.

Dilansir dari detikFinance, Jokowi mengatakan, IKN baru akan mengusung konsep Smart City and Smart Living. Sehingga, kendaraan yang digunakan harus ramah lingkungan dan identik dengan masa depan. Sementara sumber energi yang dipakai berasal dari renewable industri.

BACA JUGA: Jokowi Bilang ke FIFA, Stadion Kanjuruhan Malang Akan Diruntuhkan


"80 persen sumber energinya adalah berasal dari renewable industri. Mobil di sana nanti harus mobil listrik," ujar Presiden Jokowi saat Pre Market Sounding Proyek IKN di Jakarta, Selasa kemarin (18/10/2022).

Selain kendaraan pribadi berbasis listrik, Jokowi juga menekankan, transportasi umum yang kelak beredar di IKN baru hampir seluruhnya sudah otonom alias tanpa sopir.

"Kemudian 80 persen transportasi umum adalah Autonomous Vehicle (otonom) tanpa awak dan tanpa sopir," terangnya.



Lebih jauh, Jokowi memastikan, pejalan kaki dan pengguna sepeda bakal menjadi prioritas di IKN Nusantara. Sebab, dengan begitu, kawasan tersebut tak lagi macet seperti yang terjadi DKI Jakarta.

"Jadi yang kita hargai di sana adalah pejalan kaki dan pengguna sepeda," tegasnya.

BACA JUGA: Soal Rekomendasi TGIPF Minta Ketua PSSI Mundur, Begini Kata Jokowi


Pemimpin negara tersebut menambahkan, aksesibilitas di IKN baru memberi kemudahan bagi penduduknya. Bahkan, dia mengatakan, jarak tempuh ke lokasi strategis hanya memerlukan waktu sekira 10 menit.

"Jarak tempuh ke mana-mana hanya dalam 10 menit. Inilah showcase transformasi indonesia. Showcase perubahan peradaban indonesia. Budaya kerja yang kita bangun di IKN adalah budaya produktif," kata Jokowi.(eky)