Jokowi Resmi Lantik Johanis Tanak Jadi Wakil Ketua KPK

Acara pengucapan sumpah janji Johanis Tanak digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, dan disiarkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden

Jokowi Resmi Lantik Johanis Tanak Jadi Wakil Ketua KPK
Johanis Tanak bersaman dengan Jokowi usai pelantikan sebagai Wakil Ketua KPK / Foto: Biro Presiden

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Johanis Tanak resmi menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia membacakan janji di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Acara pengucapan sumpah janji Johanis Tanak digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, dan disiarkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (28/10/2022). Acara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sejumlah pejabat hadir dalam acara ini. Mereka di antaranya Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung St Burhanuddin Ketua KPK Firli Bahuri beserta Pimpinan KPK yang lain dan Dewan Pengawas KPK.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Resmi Berhentikan Anies Baswedan dari Gubernur DKI Jakarta

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, Keppres mengenai pengangkatan Johanis Tanak menjadi pimpinan KPK dibacakan.

Setelah itu, Johanis mengucapkan janji di depan Jokowi. Rohaniwan berdiri di samping Johanis.

"Saya berjanji, bahwa saya senantiasa akan menolak atau tidak menerima atau tidak mau dipengaruhi oleh campur tangan siapa pun juga, dan saya akan tetap teguh melaksanakan tugas dan wewenang saya yang diamanatkan UU kepada saya. Kiranya Tuhan menolong saya," demikian petikan sumpah yang dibacakan.

Pengesahan Johanis Tanak sebelumnya dilakukan dalam rapat paripurna ke-6 masa persidangan I tahun 2022-2023 di ruang rapat paripurna DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/9). Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Tampak hadir Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Rachmat Gobel.

Pengesahan pimpinan KPK diawali dengan laporan Komisi III DPR, yang membidangi lingkup tugas hukum dan HAM, kepada para anggota Dewan dalam rapat paripurna. Laporan itu disampaikan oleh anggota Komisi III DPR Habiburokhman.

BACA JUGA : Hari Ini Kapolda Metro Jaya Melantik 29 Kapolsek

Setelah itu, Dasco selaku pimpinan rapat menanyakan soal pelaporan Komisi III DPR itu dalam rapat. Paripurna menyatakan setuju soal penggantian Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar oleh Johanis

"Terima kasih kami ucapkan kepada pimpinan Komisi III DPR yang telah menyampaikan laporannya. Dan perkenankan kami menanyakan kepada sidang Dewan yang terhormat apakah laporan Komisi III DPR terhadap hasil uji kelayakan calon anggota pengganti pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi dapat disetujui?" tanya Dasco kepada seluruh rapat.

"Setuju," jawab anggota Dewan.(ros)