Jenazah Jiang Zemin Dikremasi di Beijing

Jenazah Jiang Zemin, yang meninggal Rabu lalu, dikremasi di Pemakaman Revolusi Babaoshan di Beijing barat pada Senin.

Jenazah Jiang Zemin Dikremasi di Beijing
Jenazah Jiang Zemin dikremasi dibeijing (Sumber: xinhua)

NUSADAILY.COM - BEIJING - Jenazah Jiang Zemin, yang meninggal Rabu lalu, dikremasi di Pemakaman Revolusi Babaoshan di Beijing barat pada Senin.

Melansir Xinhua, Jiang adalah seorang pemimpin luar biasa yang menikmati prestise tinggi yang diakui oleh seluruh Partai Komunis China (CPC), seluruh militer dan rakyat China dari semua kelompok etnis.

Jiang adalah seorang pejuang komunis yang telah lama teruji dan pemimpin yang luar biasa dari tujuan besar sosialisme dengan karakteristik Tiongkok. Dia adalah inti dari generasi ketiga kepemimpinan kolektif pusat Partai dan pendiri utama Teori Tiga Perwakilan.

BACA JUGA : FBI Ikut Andil Dalam Investigasi Pemadaman Listrik di North...

Di aula untuk memberikan penghormatan terakhir di rumah sakit tergantung pita hitam dengan karakter putih bertuliskan "Kemuliaan abadi untuk Kamerad Jiang Zemin." Di bawah pita ada potret besar berwarna Jiang.

Penjaga kehormatan berdiri di kedua sisi. Di depan jasad Jiang ada karangan bunga yang dipersembahkan oleh istrinya, Wang Yeping, dan anggota keluarga lainnya, dengan pita sutra bertuliskan "Kamu akan hidup di hati kami selamanya."

Pukul 10 pagi, menyematkan bunga putih di dada mereka dan mengenakan ban lengan hitam. Mereka berdiri diam di depan jasad Jiang.

BACA JUGA : Waduh! Kota di China Kehabisan Uang Akibat Lockdown

Pada pukul 10.20, penjaga kehormatan membawa peti mati Jiang keluar dari aula. Xi dan yang lainnya mengawal jenazah Jiang ke mobil jenazah, yang berangkat ke Pemakaman Revolusi Babaoshan pada pukul 10.30.

Saat mobil jenazah melakukan perjalanan dari rumah sakit ke kuburan, orang-orang dari semua lapisan masyarakat di ibu kota negara berbaris di jalan untuk melihat Kamerad Jiang Zemin yang mereka cintai, mengungkapkan kesedihan mereka yang mendalam.

Pukul 10.50, mobil jenazah memasuki Pemakaman Revolusi Babaoshan. Xi dan yang lainnya serta kerabat Jiang mengucapkan selamat tinggal selamanya kepada Jiang di aula besar.(mdr3/lal)