Ya Ampun… Bus Jamaah Haji Jember Tidak ada Toiletnya

  • Whatsapp
Ketua Komisi D DPRD Jember Muhammad Hafidi
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Bus yang mengangkut jamaah haji Jember menjadi poin yang disoroti pada rapat dengar pendapat tentang layanan untuk jamaah haji pada Rabu, 18 November 2020.

Suasana rapat dengar pendapat tentang layanan untuk jamaah haji berlangsung tegang.

Ketua Komisi D DPRD Jember, Muhammad Hafidi nada bicaranya meninggi saat menyampaikan keluhan dari para jamaah.

BACA JUGA: Pindad Suplai BPH Migas dengan Senjata Anorganik

“Setiap tahun banyak jamaah yang melapor bahwa mereka terpaksa BAB (buang air besar) di dalam bus karena seringkali tidak ada toilet di dalam,” ketus Hafidi.

Bagian Mental Pemkab Jember adalah pihak yang bertanggung jawab menyediakan bus untuk mengantar jamaah haji dari KBIH di Kecamatan Tanggul menuju Asrama Haji, Sukolilo di Surabaya.

Hafidi menuntut agar seluruh bus terdapat toiletnya dan wajib tersedia air yang lebih dari cukup. Sebab, hal itu merupakan sarana vital yang dibutuhkan jamaah haji ketika harus menempuh perjalanan sejauh 200 kilometer dengan waktu berjam-jam.

“Selain itu tolong ya, di KBIH Tanggul juga disediakan toilet yang benar-benar memadai. Karena jamaah haji ini kalau orang desa repotnya bukan main. Berhari-hari selamatan, terus diarak saat berangkat. Toilet kelihatannya remeh, tapi ini sejatinya penting,” kata legislator berkumis tebal ini

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Bina Mental, Bambang Saputro berterima kasih pihaknya telah dikritik. Sehingga, dapat memperbaiki kinerja layanan instansinya.

Pemberangkatan jamaah haji tahun 2021 mendatang, Bambang berjanji akan memastikan tiap bus dari rekanan tersedia toilet dan air yang mencukupi.

Anggaran untuk bus

“Anggaran di kami Rp5,9 dan untuk sewa bus Rp1,1 miliar. Dalam setiap kloter ada 10 unit bus ditambah oleh rekanan 1 unit bus untuk cadangan, buat jaga-jaga kalau terjadi sesuatu di jalan,” jelasnya.

Bambang menerima evaluasi minimnya fasilitas KBIH Tanggul, yang hanya menumpang toilet milik kantor kecamatan setempat. Tahun depan, pihaknya akan menambah dengan mengerahkan beberapa unit mobil toilet yang dimiliki Pemkab Jember.

“Memang di KBIH Tanggul hanya ada toilet di kantor kecamatan Tanggul. Nanti bus MCK dikerahkan, terima kasih sarannya bapak-bapak semua,” pungkasnya. (sut/kal)

Post Terkait

banner 468x60