Wagub Emil Apresiasi Progam Ramadan Bersama Rakyat

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SITUBONDO – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengapresiasi program ramadan bersama rakyat yang dicanangkan Bupati Situbondo, Karna Suswandi. Menurut Mantan Bupati Trenggalek ini, program tersebut membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu di Kota Santri.

Baca Juga

Hal tersebut disampaikan Emil Dardak saat menggelar doa bersama menyambut bulan suci ramadan dan korban gempa bumi di Kabupaten Malang, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu 11 April 2021.

“Program Bupati Jombang dan Bupati Situbondo patut diapresiasi, dengan berbagi makanan dan sembako ke masyarakat selama bulan puasa. Ini menjadi bukti kepedulian kepada daerah kepada rakyatnya,” ujarnya.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, kepala daerah juga harus memastikan ketersediaan kebutuhan bahan pokok selama bulan puasa hingga hari raya idul fitri. Sehingga, tidak terjadi kenaikan harga. “Stok harus dipastikan aman. Jangan sampai masyarakat kita kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok,” ucapnya.

Lebih lanjut, Emil Dardak mengungkapkan, kepala daerah harus memastikan pelaksanaan kegiatan keagamaan selama bulan ramadan harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Tahun ini ibadah puasa kita masih dalam situasi pandemi Covid-19. Saya berpesan kepada para bupati untuk memastikan kegiatan salat tarawih, tadarus dan lain sebagainya telah menerapkan prokes,” imbuhnya.

Gubernur Tinjau Korban Gempa

Emil menyampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tidak bisa mengikuti acara tersebut lantaran sedang berada di Lumajang, guna memastikan penanganan korban gempa bumi.

“Ibu gubernur tidak bisa ikut hadir ditengah-tengah kita, karena berada di Lumajang untuk memastikan proses penanganan korban gempa berjalan dengan baik,” paparnya.

Sebelumnya, Bupati Situbondo, Karna Suswandi memaparkan kegiatan selama bulan ramadan kepada Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak. Salah satunya ramadan bersama rakyat, dimana nantinya orang nomor satu di Kota Santri ini akan mengunjungi 132 desa selama bulan ramadan.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini nantinya akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu di Kabupaten Situbondo. “Bapak wakil gubernur yang kami hormati kami memiliki program ramadan bersama rakyat. Kita ingin mengunjungi setiap desa untuk berbagi kepada warga yang membutuhkan,” bebernya.

Tak cukup itu, Mantan Kadis PUPR Lumajang ini juga ingin mengetahui kondisi masyarakat di desa. “Selain itu, kita juga ingin mendengar apa kemauan warga kami,” tutupnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menggelar doa bersama menyambut bulan suci ramadan 1442 hijriah dan korban gempa bumi di Kabupaten Malang. Acara tersebut berlangsung di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Hadir secara virtual Bupati Situbondo, Blitar, Lumajang, Malang dan Jombang. (fat/aka).