Risma Umumkan Surabaya Zona Hijau, Khofifah: Zona Itu Wewenang Pusat

  • Whatsapp
Wali Kota Surabaya Tri Risma dan Gubernur Khofifah. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini, mendadak mengumumkan bahwa Surabaya sudah masuk zona hijau.

Sontak pengumuman itu memicu kontroversi dan protes para pakar epidemiologi. Termasuk BNPB yang menyebut akses referensi link data Surabaya berbeda.

"
"

Baca Juga

"
"

Pakar epidemiologi dr Windhu juga menyesalkan pernyataan itu mengingat Covid belum berlalu dari Surabaya, meski jumlah kesembuhan tinggi.

Tri Risma Harini menyebutkan bahwa Surabaya sudah zona hijau, setelah ketentuan data dari Kemenkes yang menyebut angka penularan COVID-19 turun.

BACA JUGA: Mobil PCR Pinjaman BIN Tinggalkan Surabaya, Risma: Terima Kasih Sebesar-besarnya

Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang ditanya wartawan menanggapi dengan enteng. “Rek, zona itu bukan (kewenangan) kabupaten/kota, bukan provinsi, tapi pusat,” kata Khofifah di Surabaya, Senin (3/8/2020).

Zonasi tiap-tiap kabupaten/kota akan diumumkan oleh Gugus Tugas Pusat/Satgas COVID-19 Pusat dan akan diupdate oleh pusat setiap hari Selasa.

“Zona itu diupdate tiap Selasa akan diumumkan oleh Satgas COVID-19 pusat. Nanti tayang halamannya di BLC (Bersatu Lawan COVID-19),” jelasnya.

Gugus COVID-19 Jatim hanya mengupload update zonasi dari pusat. Dan untuk kewenangan zonasi bukan milik Gugus Jatim atau Pemprov.

“Jadi bukan Pemprov. Selama ini ya kita ikut menguploadnya agar tiap daerah semua bisa mengupdate peta. Peta itu dipublish BLC (Bersatu Lawan COVID-19),” tutupnya.(ric/lna)

Post Terkait

banner 468x60